Banjir Parah di Pangandaran, 4.000-an Warga Mengungsi - KarawangPortal

Berita Terupdate Karawang Jawabarat

Breaking

Wednesday, November 14, 2018

Banjir Parah di Pangandaran, 4.000-an Warga Mengungsi

Banjir Parah di Pangandaran, 4.000-an Warga Mengungsi

KARAWANGPORTAL.COMMemasuki musim penghujan ini, masyarakat diimbau untuk waspada banjir, longsor dan bencana lainnya. Bahkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan status siaga bencana banjir dan longsor.
Di Kabupaten Pangandaran sendiri, banjir dan longsor terjadi di beberapa kecamatan, yakni Pangandaran, Kalipucang, Padaherang, Cijulang, dan Parigi. Bahkan banjir terjadi sejak Senin (12/11/2018).
Adapun tinggi air beragam, namun rata-rata setinggi 10 hingga 80 centimeter. Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pangandaran, Nana Ruhena mengatakan, banjir sebelumnya sudah surut, namun lantaran hujan kembali mengguyur Pangandaran, air kadang kembali bertambah dan merendam permukiman. Saat ini saja beberapa desa masih terendam banjir, seperti di Desa Pananjung dan Babakan.
“Yang terparah di dua desa ini, yakni di Desa Pananjung dan Desa Babakan,” katanya, Rabu (14/11/2018).
Menurutnya, banjir tersebut disebabkan oleh air pasang laut dan luapan Sungai Cikidang.
“Penyebab banjir itu karena air dari atas besar dan air laut pasang, menyebabkan sungai Cikidang meluap dan merendam desa tersebut,” ujarnya.
Akibatnya, ribuan warga memutuskan untuk mengungsi di tempat pengungsian yang telah disiapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran.
“Rumah yang terendam itu banyak, pengungsi saja sekitar 4.000 jiwa lebih ada,” katanya.
Berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Pangandaran, lokasi pengungsian banjir ditempatkan di beberapa titik. Untuk Desa Pananjung, ada 6 titik pengungsian, yakni di Mesjid Al Barokah, rumah warga (membuat tenda), rumah Sekdes Bojong Jati, Tenda Pengungsian Karangsalam, Pos Ronda Karangsari, dan aula Desa Pananjung.

No comments:

Post a Comment

no coment spam no coment sara www.karawangportal.com