Notification

×

Iklan

Iklan

7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki

Thursday, August 8, 2019 | 10:37 WIB Last Updated 2021-09-22T07:21:21Z
7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki
7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki

 

KARAWANGPORTAL - 7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa perkembangan sabung ayam di Indonesia sudah ada sejak jaman dahulu bahkan sudah menjadi budaya. 

Budaya untuk menarungkan ayam merupakan budaya leluhur di indonesia, banyak nenek moyang kita sudah melakukan tradisi tersebut dari dahulu kala. Sayangnya masih banyak pemain yang menggunakan ayam aduan ini sebagai sarana berjudi, di indonesia sendiri sabung ayam atau judi ayam termasuk dalam pidana. 

Sampai sekarang ada beragam jenis ayam aduan yang populer dan paling sering digunakan oleh para pecinta ayam. Ada berbagai jenis ayam aduan terbaik yang berasal dari berbagai negara seperti Brazil, Filipina, Myanmar, Thailand, Bahkan dari indonesia pun banyak. 

Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa jenis ayam aduan terbaik yang paling sering digunakan oleh pecinta ayam. Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Sering Dipakai Pecinta Ayam  

1.Ayam Bangkok

7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki
Pecinta ayam mana yang tak kenal dengan jenis ayam yang satu ini, Sesuai dengan namanya “Bangkok”, yang diambil dari nama ibukota negara Thailand sudah pasti ayam ini berasal dari negara Thailand. 
 
Ayam bangkok tidak seperti ayam lain, penyebaran ayam ini sangat cepat, di Indonesia sangat mudah menemukan ayam ini. 
 
Ayam Bangkok di kenal sebagai petarung sejati, tidak hanya cepat dan kuat di atas arena tarung, ayam bangkok juga di anggap ayam yang paling jalan otaknya atau paling cerdas saat di arena pertarungan dalam hal mencari cara ampuh untuk merobohkan lawan. Karena itulah ayam ini jadi nomor satu di mata pecinta ayam.  

2.Ayam Brazilian

7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki
Sesuai namanya, ayam ini berasal dari negara Brazil, popularitasnya lumayan tinggi. Ayam berazil sendiri memiliki satu garis keturunan dengan ayam shamo yang berasal dari jepang, kemudian dengan seiringnya waktu ayam ini lalu dikembang biakkan didaerah kepulauan amerika selatan. 
 
Ayam Brazil mempunyai kemampuan yang cukup hebat apabila kondisinya sudah semakin panas. Ayam Brazil sendiri mempunyai ciri khas yaitu warna bulu cokelat dengan kekuning-kuningan. 
 
Dari segi postur sendiri ciri ayam Brazil hampir sama dengan ayam pelung yang memiliki tubuh tinggi tegap dan besar. Tak hanya piawai di dalam arena tarung, namun ayam ini juga jago dalam hal menghempaskan lawan dengan pukulan yang tak terduga karena begitu cepat. 
 
Kurang lengkap rasanya bila Anda tidak memiliki ayam pejantan dari Brazil yang satu ini sebagai salah satu koleksi ayam aduan terbaik.  

3.Ayam Birma

7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki
Nah sekarang Ayam Birma atau ayam Burma adalah jenis ayam petarung yang berasal dari Myanmar. Di kenal juga sebagai ayam petarung sejati yang tak kenal rasa takut.
 
Ayam birma memiliki pukulan dan gerakan paling cepat dibandingkan ras ayam aduan lainnya. Namun, bentuk dan ukuran ayam Burma kecil 2 -2,5 kg, tulangnya juga kecil dan tipis. Tidak sedikit juga peternak yang mencoba menciptakan bibit ayam petarung dari hasil kawin silang ayam birma dengan jenis ayam lainnya.  

4.Ayam Shamo

7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki
Ayam Shamo berasal dari negara Jepang, di kenal juga dengan julukan “Ninja Mini dari Jepang“. Hal ini karena ayam shamo ini dikenal sebagai ayam yang memiliki pergerakan yang cepat serta mempunyai pukulan yang luar biasa akurat dan mematikan. 
 
Di bandingkan ayam petarung lainnya, bentuk fisik ayam Shamo paling atletis, postur tubuh tinggi tegap mampu menegakkan badan hingga 95 derajat saat berdiri. 
 
Ciri fisik: memiliki jengger belah tiga (walnutcomb), mata cerah, paruh besar dan kuat. Ujung sayap agak sedikit keluar dari tubuh, sendi sayap jelas mengarah ke atas, paha kuat berotot dan terlihat jelas. 
 
Garis ekor horizontal, searah punggung atau di antara garis punggung dan warna bulu betis kuning atau kuning dengan bercak hitam untuk ayam dengan dominasi warna hitam. Berat ayam jantan berkisar 5,6 kg dan betina berkisar 4,8 kg. 

 5.Ayam Siam

7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki
Ayam Siam adalah salah satu jenis ayam aduan yang sering digunakan pecinta ayam untuk melakukan pertandingan. Selain memiliki kekuatan pukulan yang mematikan di dalam arena, ayam siam juga memiliki mental seperti baja. 
 
Ia lebih memilih mati dari pada kabur dari pertandingan. Peminat ayam siam juga tergolong tinggi sehingga tak jarang para perternak ayam aduan membudidayakan jenis ayam ini. Variasi teknik yang dimiliki oleh ayam siam ini merupakan faktor menarik lainnya. Ayam Siam Asli memiliki banyak variasi teknik serangan demi menumbangkan lawan – lawannya. 
 
Banyaknya Variasi teknik yang di miliki oleh ayam siam asli ini, dipecaya karena hasil silangan ayam bangkok dengan beragam jenis ayam.  

6.Ayam Saigon

7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki
Awalnya kebanyakan orang di Indonesia menganggap ayam saigon sebagai ayam asli yang negara kita, tapi kenyataannya tidak. Ayam saigon memang sudah ada sejak zaman dahulu, dan ternyata jenis ayam aduan yang satu ini berasal dari negara Vietnam yang pada awalnya dibawa para pedagang ketika masa kerajaan dulu. 
 
Ayam ini termasuk yang terkuat dan tertangguh di banding dengan ayam petarung lainya karena paling tahan pukulan di karenakan ototnya yang berserat. Akan tetapi pola tarung ayam ini terkesan lamban dan kurang bagus, tidak pandai mencari peluang dalam pertandingan. Sehingga tidak terlalu populer dan peminatnya tidak terlalu banyak. Ciri khas dari ayam Saigon adalah botaknya yang akan dengan mudah dikenali. 
 
Di bagian kepala hingga leher ayam saigon ini tidak di tumbuhi bulu layaknya seperti ayam aduan yang lain. Namun ada juga beberaoa ayam saigon mirip dengan ayam bangkok yang berukuran besar dan memiliki bulu di sekitar kepalanya. Dan Bobotnya lebih berat dan juga kulit dari ayam saigon lebih tebal daripada ayam bangkok.  

7.Ayam Kampung Indonesia

7 Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Wajib Anda Miliki
Ayam kampung adalah istilah yang diberikan kepada ayam tersebut yang di pelihara secara lepas atau bebas. Dimana kebiasaannya sehari hari ayam ini di pelihara di kawasan luar bandar atau di kawasan perkampungan. 
 
Ayam kampung sendiri tidak termasuk dalam jenis ayam pedaging atau petelur di karenakan ayam tersebut memang hanya berproduksi secara umumnya saja. 
 
Tidak sedikit para juragan ayam yang menjadikan ayam kampung jantan sebagai ayam yang di adu di dalam arena sabung ayam sehingga ayam tersebut bisa memulai latihan dengan baik lebih layaknya seekor ayam ras. 
 
Pertarungan yang di miliki oleh ayam kampung juga tidak bisa di samakan dengan ayam aduan jenis bangkok atau birma, karena ayam biasanya melakukan dengan serangan yang biasanya di gunakan untuk bisa mempertahankan dirinya saja. 
 
Kebanyakan pecinta ayam memilih ayam kampung untuk ajang sabung taji, yakni pertarungan ayam dengan pisau kecil. Kalau adu ayam kampung malah biasa dianggap sebagai kebudayaan masyarakat dan masih sering dilakukan oleh penduduk pribumi Indonesia. 
 
Nah demikian rangkuman karawangportal, itulah 7 jenis ayam aduan yang populer saat ini dan paling sering digunakan untuk sabung ayam di Indonesia. Kami akhiri tulisan ini semoga bermanfaat bagi kita semua.
×
Berita Terbaru Update