JOGJAKARTA GUNUNG MERAPI ERUPSI HUJAN ABU DI BOYOLALI


JOGJAKARTA GUNUNG MERAPI ERUPSI HUJAN ABU DI BOYOLALI
JOGJAKARTA GUNUNG MERAPI ERUPSI HUJAN ABU DI BOYOLALI
JOGJAKARTA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, menyatakan setelah terjadi erupsi, Selasa (3/3/2020), terjadi hujan abu dan bahkan hujan abu yang bercampur pasir di beberapa wilayah di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Hujan abu terjadi dalam radius 10 kilometer dari puncak terutama pada sektor utara seperti di wilayah Kecamatan Musuk dan Cepogo Boyolali.

“Hujan abu bercampur pasir dilaporkan terjadi di wilayah Desa Mriyan, Boyolali yang berjarak sekitar 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi,” ujar Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida, Selasa (3/3/2020)

Kejadian letusan semacam ini, katanya, masih dapat terus terjadi sebagai indikasi bahwa suplai magma dari dapur magma masih berlangsung.

Ancaman bahaya letusan ini kata Hanik, berupa awanpanas yang bersumber dari bongkaran material kubah lava dan lontaran material vulkanik dengan jangkauan maksimal 3 kilometer berdasarkan volume kubah yang sebesar 396.000 m3 berdasarkan data drone 19 November 2019. (MU)
LihatTutupKomentar