6 Hal Penting yang Harus Ada Pada Halaman Bisnis Online Kamu

BREAKING NEWS

Advertisement

6 Hal Penting yang Harus Ada Pada Halaman Bisnis Online Kamu

Tuesday, July 28, 2020

6 Hal Penting yang Harus Ada Pada Halaman Bisnis Online Kamu
6 Hal Penting yang Harus Ada Pada Halaman Bisnis Online Kamu

KARAWANGPORTAL - Hello warganet ini adalah 6 Hal Penting yang Harus Ada Pada Halaman Bisnis Online Kamu, taukah kamu bahwa halaman bisnis online yang meyakinkan punya daya tarik besar buat menggaet pembeli? Memang, kebutuhan dan harga yang sesuai adalah faktor utama orang berbelanja, tapi kalau dari tampilan halaman online shop-nya saja sudah gak cocok, pasti bikin orang urung!

Walaupun ada istilah “don't judge a book by its cover”, dalam bisnis online kamu perlu membuat “cover” bisnis yang menarik dan bisa bikin orang lain yakin setiap akan melakukan pembelian. Nah, kamu bisa mulai melihat kembali halaman bisnis online-mu pada media sosial yang dimiliki.


Sebenarnya hal-hal apa saja sih yang harus ada pada media sosial bisnismu? Jenius punya 6 saran nih hasil berkokreasi dengan Daya.id dan Rhein Mahatma yang bisa kamu sontek untuk membuat media sosial bisnismu menarik dan dapat meyakinkan banyak orang sejak pandangan pertama.

1. Isi dengan konten yang kreatif dan informatif

Konten jadi kunci utama untuk bisnis online karena dapat mempertahankan pelanggan lama sekaligus mendatangkan pembeli baru. Selain menentukan tema feed yang sesuai dengan identitas bisnis, foto produk yang digunakan sebagai konten juga penting.

Pastikan produk difoto dengan pencahayaan yang baik dan latar belakang polos agar tetap terfokus pada produk. Lalu tambahkan juga informasi utama seperti nama produk. Tariklah perhatian calon pembeli mulai dari tampilan foto produkmu.

2. Cantumkan katalog produk dan pricelist

Katalog bisa jadi cara simpel yang memudahkan orang mengenal produkmu lebih dalam. Manfaatkan fitur highlight pada Instagram untuk menghadirkan kumpulan produk beserta daftar harganya (pricelist). Kalau kamu punya website atau softcopy katalog terpisah, cantumkan tautannya juga ya!

3. Informasikan media penjualan lainnya

Jika produkmu bisa dibeli pada marketplace, website, atau mungkin online shop lainnya, infokan lewat media sosial. Buat toko online-mu saling terhubung walau berbeda platform.

Selain melebarkan jangkauan pasarmu, poin ini juga bisa memberikan opsi ke pembelimu dalam berbelanja online di tempat ternyaman bagi mereka.


4. Masukkan konten review dari pelanggan atau key opinion leader (KOL)

“Seenak itu…”
“Produknya bagusss, kalian harus coba sih.”
“Worth it banget!”

Familier dengan kalimat review di atas? Sesekali kamu bisa sisipkan konten review positif dari pelanggan atau KOL. Tapi, bakal lebih baik lagi kalau review yang disampaikan bisa memberikan orang lain gambaran produkmu secara jelas. Mulai dari deskripsi produk, feedback, sampai call to action buat cobain produkmu.

Kebanyakan orang akan lebih yakin membeli produk karena review pembeli sebelumnya. Nah, ini bisa jadi trik bisnismu untuk meyakinkan calon pembeli baru.

5. Jangan ragu menyampaikan kendala yang dialami

Saat bisnismu punya kendala yang berhubungan dengan semua pembeli, sampaikan permohonan maaf dan alasannya secara transparan. Jika kendala tersebut hanya berdampak pada pembeli tertentu, kamu bisa sampaikan secara personal dengan tentunya menjelaskan penanganan lanjutannya.

6. Update stok produkmu secara rutin

Rutin update informasi stok jadi info penting bagi pembelimu lho. Walau gak diminta, hal ini semacam penanda ke orang-orang yang mengincar produkmu, tapi masih ditahan-tahan belinya.

Selain untuk eksternal, rutin update stok penting buat pengelolaan internal bisnismu. Gak mau dong pas lagi banyak-banyaknya order yang masuk, kamu baru sadar kalau stok produk menipis—bahkan habis karena gak dikontrol?

Supaya mudah mengontrol stok produk, kamu bisa pakai Bisniskit, aplikasi dari Jenius yang membantumu mencatat stok produk dan data-data bisnis. Mau makin praktis kelola keuangannya? Aktifkan juga akun bisnis pada aplikasi Jenius kamu, jadi punya 2 akun berbeda di 1 aplikasi deh!


6 saran yang sudah Jenius sebutkan merupakan hal-hal dasar yang harus ada di halaman bisnis online-mu. Sekarang, coba intip media sosial bisnismu, poin berapa saja yang sudah ada?

Selain kamu bisa bikin orang lain tertarik buat follow, mereka juga jadi nyaman scrolling di media sosial atau laman bisnismu. Kalau udah gitu, kontenmu gampang teringat dan bisa jadi top of mind untuk beli produk yang kamu tawarkan deh.

Kepuasan pembeli yang utama memang kembali pada kualitas produk, tapi layanan dan kesan yang baik dari kamu sebagi pemilik bisnis justru bisa menciptakan loyalitas pembeli. Mau tau lebih banyak topik informatif untuk kembangkan bisnismu? Yuk, bergabung dengan Daya.id!

Belum punya Jenius yang siap jadi rekanmu dalam memudahkan bisnis? Buat akun bisnismu sekarang.

Featured Post

Digosipin Anunya Kecil ke Publik, ASN Laporkan Istri ke Polisi

KARAWANGPORTAL - H (48), seorang ASN yang bertugas sebagai kepala pasar di Kabupaten Probolinggo, melaporkan istrinya, P (46) ke Polres Pro...