Notification

×

Iklan

Iklan

Elon Musk, Pionir Mobil Listrik Dan Transportasi Luar Angkasa

Wednesday, March 3, 2021 | 11:23 WIB Last Updated 2021-03-03T04:23:08Z

Karawang Portal
Elon Musk, Pionir Mobil Listrik Dan Transportasi Luar Angkasa

KARAWANGPORTAL- MAJALAH bisnis Amerika, Forbes, pertengahan Januari 2021, mengukuhkan Elon Musk sebagai orang terkaya sejagat. Namun ketika pada pertengahan Februari 2021 saham Tesla anjlok, posisi terkaya sejagat direbut oleh pendiri Amazon, Jeff Bezos.

Siapa Elon Musk? Dilahirkan dengan nama Elon Reeve Musk. Anak pertama dari tiga besaudara ini lahir di Pretoria, Afrika Selatan pada tanggal 28 Juni 1971.

Ayahnya, Errol Musk, seorang insinyur elektromekanis Afrika Selatan, pilot, pelaut, konsultan, dan konglomerat di Afrika Selatan dengan bermacam-macam bisnis.

Ibunya, Maye Musk, seorang model dan ahli diet yang lahir di Kanada, namun dibesarkan di Afrika Selatan.

Kedua orangtuanya bercerai pada tahun 1980, ketika Elon Musk berusia 9 tahun. Pada usia 10 tahun, Elon Musk mulai mengembangkan minatnya dalam bidang komputer, dan belajar pemograman. Pada usia 12 tahun, Elon Musk sudah bisa menjual video game karyanya seharga 500 dolar Amerika.

Tahun 1990, Elon Musk melanjutkan studi di Queen's University di Ontario, Kanada. Dua tahun kemudian, dia pindah ke Universitas Pennsylvania, AS dan lulus dengan gelar sarjana ekonomi tahun 1997.

Saat masih berstatus mahasiswa, Elon Musk magang di Silicon Valley, tepatnya di sebuah start-up penyimpanan energi, tahun 1994. Kemudian pada tahun 1995 Elon Musk diterima di Universitas Stanford, California, pada program Ph.D dalam fisika energi.

Sembari kuliah, pada 1995, Elon Musk mendirikan perusahaan bernama Zip2. Perusahaan perangkat lunak web ini didirikannya bersama Kimbal, adiknya, dan Greg Kouri.

Zip2 mengembangkan dan memasarkan software panduan kota via, peta penunjuk arah, dan sebagainya. Usaha ini berkembang setelah dikontrak oleh The New York Times dan Chicago Tribune.
Pada tahun 1999 Elon Musk mendirikan perusahaan bernama X.com, sebuah perusahaan layanan keuangan dan pembayaran email online. Di tahun 2000, X.com bergabung dengan Connfinity, sebuah bank online yang memiliki layanan transfer uang bernama PayPal. Di perusahaan gabungan ini, Elon Musk kembali menjadi CEO.

Tahun 2001, Elon Musk mulai merintis Space X, Space Exploration Technologies Corporation, sebuah perusahaan transportasi luar angkasa swasta Amerika Serikat, yang secara resmi didirikan pada tanggal 6 Mei 2002.

SpaceX pada tahun 2002 dengan mengembangkan roket Falcon 1, Falcon 9, dan Falcon Heavy. Roket Falcon merupakan kendaraan peluncuran yang dapat dipakai berulang.

Tahun 2005, SpaceX mulai pengembangan konstelasi Starlink dari satelit orbit rendah Bumi untuk menyediakan akses Internet berbasis satelit.

Setahun sebelumnya, 2004, Elon Musk mulai terlibat aktif di Tesla. Sebuah perusahaan yang didirikan oleh Martin Eberhard dan Marc Tarpenning pada Juli 2003.

Pada tahun 2008, Tesla pertama kali membangun mobil sport listrik bernama Tesla Roadster, yang menggunakan sel baterai lithium-ion. Pada tahun 2017, Tesla memprodukai mobil sedan listrik, dan menjadi kendaraan terlaris di dunia. Pada tahun 2019, Tesla memproduksi kendaraan bak terbuka bertenaga listrik.

Kendaraan bertenaga listrik sudah menjadi trend dunia otomotif. Dan, Elon Musk diakui sebagai pionir mobil listrik.

×
Berita Terbaru Update