Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Memilih Lampu Aquascape yang Tepat untuk Pertumbuhan Tanaman Air

Wednesday, April 28, 2021 | 15:57 WIB Last Updated 2021-04-28T08:57:04Z

KARAWANGPORTAL
Cara Memilih Lampu Aquascape yang Tepat untuk Pertumbuhan Tanaman Air
 

KARAWANGPORTAL - Akuarium membutuhkan lampu untuk sumber pencahayaan agar tanaman dan ikan di dalamnya dapat tumbuh. Apalagi untuk jenis tanaman dan ikan yang membutuhkan pencahayaan tinggi. Jika di alam makhluk hidup dapat menggunakan cahaya matahari. Namun di dalam akuarium, pencahayaan dibutuhkan dari lampu aquascape.


Untuk satu liter air, akuarium membutuhkan metal halide 2-3 watt. Jenis lampu ini juga dipengaruhi kedalaman air akuarium. Akuarium dengan air dangkal membutuhkan pencahayaan lampu yang lebih sedikit dibandingkan akuarium yang dalam. Suhu bola lampu yang baik berkisar 6700 K hingga 10.000 K. Saat ini banyak orang yang menggunakan lampu LED, karena dianggap lebih mudah. Harganya pun bervariasi. Berikut ini beberapa jenis lampu aquascape yang bagus.

Metal Halide

Jenis lampu metal halide tidak begitu terang. Kemampuan cahayanya hanya sekitar 100 watt sampai 400 watt. Cocok digunakan untuk akuarium yang dangkal. Cahaya yang dihasilkan berasal dari percampuran logam halida dan uap merkuri. Penggunaan lampu metal halide akan membuat efek berkilauan di dalam kolam akuarium, karena cahaya yang dihasilkan bisa menembus ke dalam air.


Untuk akuarium dangkal cahaya yang dihasilkan cukup terang, namun sayangnya bisa menghasilkan panas yang tinggi. Oleh karena itu, lampu harus diletakkan di tempat yang tepat. Jangan diletakan terlalu dekat dengan akuarium, karena bisa mengganggu kesehatan ikan. Energi yang digunakan pun lebih banyak, sehingga boros penggunaan listriknya

  • Kelebihan : cahayanya terang dan bagus digunakan pada akuarium yang tinggi
  • Kekurangan : penggunaanya panas dan bisa meningkatkan suhu aquascape. Selain itu penggunaan dayanya sangat boros dibandingkan jenis lampu lainya.

T5-Fluorescent

T5-fluorescent merupakan jenis lampu akuarium yang menggunakan teknologi lebih modern dibandingkan metal halide. Memiliki ukuran yang lebih tipis dan lebih terang daripada lampu neon T8. Jenis lampu ini bisa menghasilkan watt yang tinggi dan menerangi akuarium secara merata, sehingga pertumbuhan tanaman dan kesehatan ikan semakin bagus. 


Dari ujung ke ujung akuarium bisa mendapatkan pencahayaan yang baik serta membuat penampakan dari dalam akuarium semakin indah. Untuk memasang lampu ini harus menggunakan ballast, sehingga biaya yang dibutuhkan lebih mahal. Selain itu jenis lampu ini harus diganti secara rutin, karena spektrumnya mudah berubah. Jika tidak diganti akan membuat pertumbuhan algae atau lumut lebih cepat.


  • Kelebihan : memiliki pencahayaan yang terang untuk aquascape. Memiliki ukuran yang kecil dan mudah dipasang.
  • Kekurangan : biaya bohlam yang lebih mahal dan harus sering diganti

Lampu LED Aquascape

Lampu LED aquascape sudah menggunakan teknologi baru yang canggih dan menjadi pilihan lampu akuarium yang paling populer saat ini. Lampu ini menghasilkan pencahayaan yang lebih merata dan mampu menumbuhkan tanaman di dalam akuarium dengan baik. Harganya pun lebih terjangkau dan  teknologinya lebih canggih dibandingkan metal halide dan T5.


Wattnya rendah, namun memberikan pencahayaan yang baik di dalam akuarium. Anda bisa mengkombinasikan lampu ini dengan lensa tank, sehingga membuat  akuarium semakin bagus. Ukuran watt yang kecil juga bisa membuat pertumbuhan tanaman dan ikan lebih maksimal. Serta penggunaan daya listrik yang lebih hemat.


  • Kelebihan : lampu tidak perlu sering diganti, konsumsi daya listriknya rendah, tidak mengeluarkan panas berlebih dan ukurannya kecil. Sehingga membuat pencahayaan di akuarium semakin bagus.
  • Kekurangan : biaya pemasangan awal yang cukup mahal.

Selain tiga jenis lampu diatas, masih banyak lampu akuarium yang bisa anda gunakan. Setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah lampu yang sesuai kebutuhan akuarium Anda. Jangan hanya melihat kemampuan cahayanya, tapi lihat juga kondisi di dalam akuarium agar penampilan akuarium semakin bagus.


Akuarium ukuran standar membutuhkan pencahayaan sekitar 6500 K. Pencahayaan itu sudah bisa membuat tanaman tumbuh dengan baik dan ikan lebih sehat. Anda juga harus melihat jenis tanaman dan ikan yang tumbuh di akuarium tersebut, Sehingga kondisi akuarium semakin baik dan optimal.

*** KESIMPULAN ***

Jika Anda ingin membeli lampu sejak awal, Anda bisa menyesuaikan calon penghuni akuarium. Misalnya Anda ingin membuat aquascape, pastikan Anda memilih tanaman yang membutuhkan intensitas cahaya serupa.

Itulah panduan singkat mengenai bagaimana cara memilih lampu akuarium yang tepat. Semoga membantu!

×
Berita Terbaru Update