Notification

×

Iklan

Iklan

Tips dan Trik Merawat HP Android Agar Tetap Aman dan Tahan Lama

Thursday, June 17, 2021 | 10:21 WIB Last Updated 2021-07-01T01:47:43Z

KARAWANGPORTAL
 Tips dan Trik Merawat HP Android Agar Tetap Aman dan Tahan Lama


KARAWANGPORTAL - Sudakah sobat mengetahui cara merawat Smartphone Android dengan benar agar tetap aman dan awet selamanya? Jika belum, simak caranya disini.


Seperti yang kita tahu bahwa perangkat seluler yang satu ini berbeda dengan Handphone lainnya. Smartphone terkenal dengan berbagai jenis fitur yang biasanya disentuh untuk mengoprasikan berbagai fitur yang ada.


Saat menggunakan berbagai jenis fitur yang ada secara bersamaan maka akan membuat sistem operasi Smartphone Android dituntut lebih ekstra dan hasilnya akan membuat HP jadi cepat ngedrop. Nah buat sobat yang ingin HP nya tetap awet, saya sarankan untuk membaca tips dan trik merawat HP Android yang sudah saya rangkum dibawah ini!

Cara merawat Baterai HP Android

Lakukan pengecasan sesuai prosedur pada buku panduan ketika baru membeli HP
Jangan gunakan HP ketika sedang dicas apalagi untuk bermain game
Gunakan carger orosinil atau carger bawaanya, carger abal-abal arusnya tidak stabil dan bisa menyebabkan baterai HP cepat rusak
Matikan HP saat sedang dicas agar pengisiannya cepat dan baterai tetap tahan lama
Gunakan Aplikasi yang penting saja karena sebagian aplikasi sangat menguras baterai

Cara merawat sistem Android

Harus sering membersihkan cache atau file sampah pada HP sobat karena jika terus menumpuk akan memnuhi memori internal dan bisa mengakibatkan HP Android lemot
Lakukan update sistem jika memang ada pemberitahuan pembaruan sistem agar HP sobat selalu menggunakan sistem yang baru
Install Aplikasi atau Game secukupnya saja, sesuaikan dengan RAM dan Memory Internal sobat.


Simpan file media seperti foto, video, musik mp3 di SD Card agar tidak membebani memori internal sehingga bisa beroperasi dengan maksimal dalam menjalankan sistem.
Cara Ngecas HP Baru Yang Benar.


Biasanya handphone atau smartphone yang baru dibeli memiliki daya tahan baterai yang cukup lama. Namun, lama kelamaan daya tahan tersebut akan semakin berkurang dan pada akhirnya menjadi boros.


Permasalahannya cukup sederhana. Kebanyakan orang melakukan  charge baterai yang tidak benar. Sehingga berdampak buruk pada kesehatan baterai smartphone itu sendiri.
Lantas, bagaimanakah cara ngecas hp baru yang baik dan benar itu?. Nah berikut ini saya akan jelaskan secara lengkap untuk anda. Silahkan disimak baik – baik.

1. Cas Selama 4-5 Jam Sebelum Digunakan

Ketika anda pertama kali beli smartphone, sebaiknya sebelum Hp tersebut digunakan cas lah terlebih dahulu selama 4-5 jam. Hal ini bertujuan untuk agar kinerja baterai optimal saat digunakan.


Jadi pas begitu anda beli HP baru sebelum digunakan sebaiknya anda charge terlebih dahulu. Pokoknya begitu anda buka segel sebelum HP nya di apa – apain cas terlebih dulu. Cara ini berlaku untuk HP yang baru dibeli dan baru di buka segelnya ya. Bukan HP baru tapi belinya yang bekasan, bukan itu.


Cara ini juga berlaku hanya untuk cas pertama kali saja. Cas selanjutnya cukup sampai baterai penuh saja. Dalam artian sampai muncul notifikasi pengisian daya baaterai 100%. Jangan sampai di cas selama 4-5 jam juga.


2. NGecas HP Baru Harus Dalam Keadaan Menyala Atau Mati?

Yang sering jadi pertanyaan bahkan perdebatan sengit adalah kondisi HP saat di cas. Ada yang bilang harus dalam keadaan mati ada juga yang bilang harus dalam keadaan nyala. Nah kali ini saya akan sedikit beri penjelasan mengenai hal tersebut.


Pada dasarnya orang yang bilang bahwa ngecas HP itu harus dalam keadaan mati itu benar. Dan orang yang bilang ngecas HP harus dalam keadaan nyala juga benar. Bingung? jadi yang harus dipake cara yang mana? kalo benar dua – dua nya. Apakah kedua cara tersebut bisa  di gunakan pada semua merk HP? belum tentu. Makin bingung?
Jadi begini, ketika anda cas sebuah handphone, yang harus anda perhatikan terlebih dahulu adalah jenis baterai yang digunakan oleh HP tersebut.


Jenis baterai handphone itu ada 2 macam yaitu baterai lithium dan baterai Li-Ion. Jika handphone anda menggunakan baterai Lithium, maka HP anda harus di cas dalam keadaan mati. Sementara jika HP anda menggunakan baterai Li-Ion maka sebaiknya HP tersebut anda cas dalam keadaan menyala.


Cara melihat HP anda menggunakan jenis baterai apa, anda bisa melihatnya pada  bagian spesifikai handphone yang tertera di dus HP. Atau anda juga bisa melihatnya pada bagian depan baterai.

3. Jangan Gunakan HP Sambil Dicas

Salah satu cara ngecas hp baru yang harus anda perhatikan adalah jangan gunakan HP sambil di cas. Baik digunakan untuk telpon, SMS, chating ataupun yang lainnya.
Jika hal – hal tersebut anda lakukan maka akan berdampak buruk pada baterai dan HP itu sendiri. Seperti HP menjadi over heat ( panas berlebih ), gampang ngedrop bahkan baterai HP jadi bengkak. Maka dari itu sebaiknya diamkan saja HP anda ketika di cas. Ini juga merupakan salah satu tips agar baterai hemat dan tahan lama.

4. Gunakan Charger Original

Hal ini memang terlihat sangat sederhana namun sebenarnya dampaknya sangat besar sekali terhadap umur baterai. Gunakanlah charger yang asli atau yang original bawaan HP baru anda.
Kalupun anda kepepet dan terpaksa harus meminjam charger miliki orang lain sebaiknya jangan asal pinam saja. Perhatikan volt atau ampere charger tersebut. Cocok tidak untuk di gunakan pada handphone anda.

×
Berita Terbaru Update