Notification

×

Iklan

Iklan

10 Tips Untuk Penggunaan Mesin Carton Sealer Dengan Aman

Monday, September 20, 2021 | 18:45 WIB Last Updated 2021-09-30T12:18:22Z
10 Tips Untuk Penggunaan Mesin Carton Sealer Dengan Aman
Photo Karawangportal.com/Net

 

KARAWANGPORTAL - Perkembangan pada pengguanan mesin pengemas pada saat ini membuat akan kebutuhan desain mesin yang baru menjadi dibutuhkan. Meskipun pada jaman dahulu kebutuhan akan inovasi baru dari pengemas belum dibutuhkan. 

Dengan munculna inovasi dari mesin pengemasan ini, membuat banyak orang bertanya bagaimana cara menggunakan mesin carton sealer yang aman dan tepat. Terdapat banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menggunakan mesin carton sealer dengan aman. 

Mengikuti instruksi dari awal sampai akhir sesuai panduan meruapakan kunci agar penggunaan mesin carton sealer bsa berjalan lancar. Sebenarnya pada proses pengoperasian mesin carton sealer itu tidak membahayakan, namun terkadang membuat beberapa luka kecil seperti luka gores, lecet, atau masalah pendengaran karena suara mesin yang terlalu keras. 

Maka dari itu untuk membantu anda agar tidak mengalami hal tersebut dan bisa menggunakan mesin carton sealer dengan sebaik mungkin, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjalankan mesin carton sealer antara lain :  

1. Kondisi Sakelar dan Kabel Harus tetap Aman 

Sering kali orang-orang mengabaikan faktor ini ketika menggunakan mesin carton sealer. Kondisi dari sakelar dan kabel yang tidak aman dapat menyebabkan sengatan listrik.

Menjaga keamanan pada kabel dan sakelar sangat penting agar tidak terjadi konslet pada mesin.

 2. Pertimbangkan Lingkungan Untuk Penempatan Mesin Carton Sealer 

Jika lingkungan penempatan untuk mesin carton sealer digunakan pada daerah laut atau digunakan untuk produk yang asin, maka perlu dilakukan perlakuan khusus. 

Misalnya mesin karton sealer harus menggunakan kerangka yang stainless steel, dengan begitu proses terjadinya korosi bisa dihindari. 

Demikian pula jika penempatannya pada daerah panas maupun dingin. Maka diperlukan pula perlakuan yang khusus juga. Maka dari itu, penting sekali untuk mempelajari lingkungan untuk penempatan mesinnya sebelum anda membeli mesin carton sealer.  

3. Jauhi Bagian Mesin yang Panas 

Paparan panas dari mesin carton sealer dapat menyebabkan kulit panas maupun terbakar. Pada beberapa kasus, mesin ini menggunakan lem yang panas dan dapat membahayakan bagi para operator jika tidak berhati-hati. 

Sangat disarankan untuk mempelajari mesin carton sealer sebelum mesin dioperasikan. Jangan sampai mengoperasikan mesin tersebut tanpa panduan keselamatannya. 

4. Selalu Gunakan Pengaman Badan 

Pada waktu mengoperasikan mesin, selalu gunakan pengaman badan sesuai petunjuk pada panduan penggunaan mesin. Jika anda diminta untuk menggunakan pengaman contohnya sarung tangan, maka gunakanlah. 

Jika diminta untuk menggunakan peralatan pengaman yang lengkap, maka perhatikan untuk menggunakan pengamannya secara lengkap. Hal ini agar anda dapat terhindar dari setiap jenis kecelakaan yang mungkin saja bisa terjadi.  

5. Lakukan Perawatan Mesin Secara Berkala 

Sebelum melakukan perawatan mesin, penting sekali untuk membaca buku panduan perawatan mesin. Setalah itu lakukan perawatan mesin sesuai dengan petunjuk yang ada di buku panduan.

Jangan sampai anda menggunakan mesin carton sealer secara berlebihan karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang. 

Periksa mesin secara berkala. Jika mesin mengeluarkan suara yang tidak biasa, segera periksa hal tersebut. Kemungkinan bisa saja terjadi kerusakan. 

Jangan sampai abaikan juga jika mesin mengeluarkan bau-bau yang aneh, bisa saja hal tersebut merupakan tanda mesin sedang mengalami kerusakan. Perawatan kecil dan sering dilakukan mungkin tampak membosankan, tetapi hal tersebut akan sangat membantu anda. 

6. Gunakan Spare Part Mesin Yang terbaik 

Terkadang untuk menghemat waktu maupun biaya, spare part yang dibawah standar digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Hal tersebut sebenarnya tidak apa-apa asalkan keamanan dan kualitasnya bisa terjamin. 

Lebih baik lagi jika anda menggunakan spare part dengan kualitas terbaik agar keamanan dan kualitasnya lebih terjamin. Dan juga proses pengoperasian mesin manjadi lancar. 

7. Atur Ruangan Dengan Benar 

Siapkan ruangan yang tepat untuk mesin carton sealer anda. Lebih baik menempatkan mesin carton sealer pada tempat terbuka dari pada tempat yang tertutup dan pengap.

Ruangan yang memiliki ventilasi yang baik dapat membuat mesin berjalan dengan baik dan berfungsi sesuai dengan kapasitas terbaiknya. Hal tersebut juga dapat membantu operator mesin untuk bekerja lebih cepat. 

8. Beri Pelatihan Pada Operator Mesin 

Jangan sampai seorang operator yang mengoperasikan mesin tanpa diberi pelatihan yang memadai. Kebanyakan cedera pada operator terjadi akibat mereka tidak diberi pelatihan tentang cara kerja mesin carton sealer. 

Jika mereka dapat memahami mengenai pengoperasian mesin dengan baik, masalah maupun cedera dapat dihindari. Maka dari itu sisihkan waktu anda untuk melatih para calon operator mesin agar mereka dapat bekerja dengan baik dan profesional.  

9. Harus Menjaga Jarak Aman 

Paada saat mengoperasikan mesin, para operator harus menjaga jarak aman dari bagian mesin yang bergerak agar terhindar dari bahaya.  

10. Selalu Matikan Mesin Ketika Sudah Selesai dipakai 

Pastikan untuk selalu mematikan mesin ketika sudah selesai digunakan. Misalnya saat anda mau membongkar mesin atau pada saat mau memperbaiki mesin. Hal tersebut agar tidak menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan seperti kerusakan mesin atau cedera. 

Penggunaan mesin carton sealer sebenarnya tidak repot dan justru akan membantu usaha anda jika digunakan dengan baik dan tepat. Anda hanya perlu sedikit ketelitian untuk melakukan beberapa hal diatas. Menggunakan mesin ini dengan aman adalah sebuah keharusan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Semoga beberapa tips diatas dapat membantu anda dalam mengoperasikan mesin carton sealer.[GuestPost]

×
Berita Terbaru Update