Notification

×

Iklan

Iklan

Jenis -Jenis Ikan Hias Yang Wajib di Miliki Untuk Di Pelihara Di Rumah

Saturday, May 1, 2021 | 13:56 WIB Last Updated 2021-05-01T07:01:12Z

karawangportal
Jenis -Jenis Ikan Hias Yang Wajib di Miliki Untuk Di Pelihara Di Rumah

 

KARAWANGPORTAL - Hobi adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan oleh setiap individu. Tidak ada orang di dunia ini yang tidak mempunyai sebuah hobi. Dengan menjalankan hobi Anda maka Anda bisa mengurangi stress dan beban pikiran yang ada. Salah satu hobi yang umum ditemukan adalah senang merawat binatang. Binatang sendiri mempunyai banyak macamnya, mulai dari kucing, anjing, burung hingga ikan.

Merawat ikan merupakan sebuah hobi yang baik dan mempunyai banyak nilai positif. Sama halnya dengan binatang lain, ikan juga membutuhkan perawatan yang khusus dan sebuah tempat yang sesuai. Anda tidak akan bisa merawat ikan jika tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang jenis dan cara perawatannya yang berbeda-beda. Agar Anda bisa lebih mengerti tentang ikan hias, maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

    Apa itu Ikan Hias?

    Manfaat Pelihara Ikan Hias di Dalam Rumah
    6 Jenis Ikan Hias Air Tawar

  1.         Ikan Hias Black Phanthom

  2.         Ikan Hias Botia

  3.         Ikan Hias Mas Koki

  4.         Ikan Hias Louhan Air Tawar

  5.         Ikan Hias Neon Tetra

  6.         Ikan Hias Molly

    6 Jenis Ikan Hias Air Laut

  1.         Ikan Hias Blue Devil

  2.         Ikan Hias Butterfly Fish

  3.         Ikan Hias Angelfish

  4.         Ikan HiasClownfish

  5.         Ikan Laut Kakatua

  6.         Ikan Hias Lionfish

    Cara Mudah Merawat ikan Hias Peliharaan

1. Apa Itu Ikan Hias?

Ada sangat banyak jenis ikan di dunia ini dan setiap ikan mempunyai jenis, ukuran dan bentuknya masing-masing. Tidak semua ikan bisa disamakan dan dimanfaatkan sebagai ikan hias untuk rumah Anda. Namun, apakah yang dimaksud dengan ikan hias itu? Dilansir dari Wikipedia, ikan hias merupakan sebuah ikan yang umumnya ada bukan untuk dikonsumsi namun hanya dipakai untuk memperindah rumah Anda.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ekosistem laut mempunyai keindahan yang sangat mempesona dan membuat tidak sedikit orang yang ingin menikmati dan membawa keindahan laut tersebut pada rumahnya sendiri. Memang benar dengan adanya kehadiran ikan hias di dalam rumah Anda bisa membuat alternatif hiburan dan pajangan yang menarik untuk rumah.

Mempunyai ikan hias tidak boleh sembarangan karena Anda harus memikirkan berbagai bentuk, warna beserta kebiasaan hidupnya agar ikan hias yang Anda pelihara tidak mempunyai umur yang pendek. Memang dalam awal merawat ikan hias Anda membutuhkan sedikit penyesuaian akan tetapi jika Anda sudah mengerti selahnya maka ikan-ikan Anda bisa tumbuh dengan baik. 

 

2. Manfaat Pelihara Ikan-Ikan Hias di Dalam Rumah

Menjalankan sebuah hobi adalah salah satu hal yang menarik. Apabila Anda mempunyai kesenangan untuk merawat dan memelihara ikan hias maka Anda bisa mewujudkannya dengan mempunyai akuarium ikan hias sendiri di rumah Anda. Dibalik warnanya yang menarik ternyata ikan hias mempunyai banyak manfaat, lho. Dilansir dari IDN Times, di bawah ini adalah beberapa manfaat dari memelihara ikan hias di rumah Anda:

  •     Ikan hias bisa membuat suasana rumah menjadi hidup dan lebih berwarna.

  •     Ikan hias juga sangat ampuh untuk mengurangi stress. Anda cukup memandang indahnya akuarium dan ikan Anda terbukti bisa untuk membuat perasaan menjadi tenang dan meningkatkan kemampuan Anda dalam berkonsentrasi.

  •     Terdapat terapi yang bisa untuk menurunkan tekanan darah hanya dengan memelihara ikan hias. Anda bisa fokus memandangi ikan hias yang ada pada akuarium maka otomatis secara perlahan.


Menghilangkan penat bisa Anda lakukan dengan cara memelihara ikan. Selain warnanya yang cantik, juga mudah dipelihara tanpa perawatan yang sulit. Terlebih jika Anda tinggal di hunian sementara. Berikut ini adalah listing rumah luas 90 meter persegi di Jawa Tengah. 

3. 6 Jenis Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air tawar adalah salah satu jenis ikan hias yang paling banyak dicari dan diminati. Selain karena ragamnya yang sangat banyak dan warnanya yang menarik, ikan hias air tawar juga lebih mudah untuk dirawat dan tumbuh jika dibandingkan dengan ikan hias air laut. Di Indonesia sendiri setidaknya terdapat 363 jenis ikan hias air tawar yang ada dan di ekspor ke berbagai penjuru negara. Dilansir dari Bukalapak Review, di bawah ini adalah beberapa jenis ikan hias air tawar yang paling banyak diminati oleh pecinta ikan hias di Indonesia:

 

1. Ikan Hias Black Phanthom

Ikan hias ini mempunyai nama yang mengerikan yaitu black phantom atau dapat diartikan juga sebagai ikan hantu hitam. Ikan hias air tawar ini awalnya berasal dari sungai yang berada di hutan Amazon. Secara fisik, ikan hantu hitam terlihat seperti belut listrik karena pada bagian perutnya terdapat sirip yang bergelambir dan bergerak mengalir mengikuti air.

Sesuai dengan namanya, ikan hantu hitam hampir keseluruhan dari tubuhnya mempunyai warna hitam. Biasanya ikan hantu hitam mempunyai garis yang berwarna putih pada bagian ekornya dan membuatnya sangat kontras dengan keseluruhan badannya yang gelap.

2. Ikan Hias Botia

Ikan hias botia mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia dan menjadi salah satu ikan hias yang cukup banyak diburu oleh para pecinta ikan hias air tawar. Ikan botia sendiri mempunyai beberapa jenisnya yang berbeda, seperti ikan botia badut, ikan botia macan dan ikan botia India. Ikan botia mampu memberikan warna yang kontras pada akuarium karena mayoritas dari tubuhnya berwarna kuning keemasan. Ikan ini juga sangat aktif pada malam hari dan bisa membuat variasi pada akuarium Anda.

3. Ikan Hias Mas Koki

Ikan hias mas koki adalah salah satu ikan hias yang wajib ada pada akuarium ikan air tawar. Ikan jenis ini sangatlah mudah untuk dirawat akan tetapi Anda harus memperhatikan nafsu makannya yang sangat tinggi. Pastikan agar kebutuhan nutrisinya selalu dipenuhi agar ikan mas koki tidak mengalami kelaparan dan kekurangan gizi.

4. Ikan Hias Louhan Air Tawar

Akuarium air tawar tidak akan pernah lengkap apabila tidak terdapat ikan louhan. Ikan ini adalah ikan yang sangat terkenal dan pernah menjadi primadona pada beberapa tahun yang lalu. Ikan louhan dipercaya oleh banyak orang sebagai sebuah simbol keberuntungan dan kemakmuran. Karena hal itulah yang menjadikan harga ikan louhan menjadi sangat mahal.

5. Ikan Hias Neon Tetra

Ikan neon tetra bisa menjadi sebuah pelengkap dari akuarium Anda. Ikan ini mempunyai bentuk dan ukuran yang kecil dan bisa membuat akuarium Anda menjadi lebih ramai. Pastikan untuk membeli ikan jenis ini dalam jumlah yang sedikit banyak karena ikan neon tetra membutuhkan teman agar bisa tenang.

6. Ikan Hias Molly

Ikan hias molly adalah salah satu ikan hias yang masih cukup mudah untuk dirawat. Secara bentuk juga ikan ini tidak terlalu besar sehingga tidak akan membuat akuarium Anda terlihat sesak. Ikan ini juga cenderung penakut dan akan cepat bersembunyi apabila melihat ikan yang asing baginya.

4. 6 Jenis Ikan Hias Air Laut

Merawat ikan hias air laut tidaklah mudah. Ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan agar ikan Anda tidak cepat mati secara sia-sia. Dibalik sulitnya merawat ikan hias air laut ternyata membutuhkan perawatan dan perhatian yang lebih dibandingkan dengan ikan hias air tawar. Di bawah ini adalah 6 jenis ikan hias air laut yang populer dan banyak ditemui:

1. Ikan Hias Blue Devil 

Apabila pada akuarium air tawar terdapat ikan black phantom maka di dalam akuarium air laut terdapat ikan yang bernama blue devil. Ikan hias ini sangat populer karena bentuknya yang ramping dan tidak terlalu besar. Selain itu juga ikan ini mempunyai bintik-bintik berwarna kebiruan yang akan terlihat sangat mencolok di dalam gelap.

2. Ikan Hias Butterfly Fish

Sesuai dengan namanya, ikan ini mempunyai corak yang bergaris dan warna yang sangat cerah layaknya sebuah kupu-kupu. Bentuk ikan ini juga cukup pipih dan mempunyai bibir yang moncong dan menjadikannya sangat lucu untuk berada di akuarium Anda.

3. Ikan Hias Angelfish

Ikan hias angelfish tidak hanya ada pada air tawar saja. Ikan angelfish juga ada jenisnya tersendiri pada ikan hias air laut. Ikan ini mempunyai wajah yang cerah daripada tubuhnya. Tubuhnya mempunyai corak warna-warni yang lucu dan saling kontras.

4. Ikan Hias Clownfish

Akuarium ikan hias air laut tidak akan pernah lengkap apabila Anda masih belum mempunyai ikan clownfish. Ikan ini sangatlah populer sejak menjadi karakter utama dalam sebuah film anak-anak. Ikan ini mempunyai corak yang sangat lucu dan sangat mewakili namanya yaitu ikan badut. Anda harus berhati-hati karena ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan tingkat keasinan air sehingga Anda harus menjaga kualitas air agar selalu dalam keadaan yang baik.

5. Ikan Laut Kakatua

Ikan ini mempunyai nama kakatua karena bentuk dari paruhnya yang mirip dengan sebuah kait. Ikan kakatua mempunyai nafsu makan yang sangat tinggi sehingga Anda harus secara rutin memastikan kebutuhan makanannya tercukupi atau ikan ini akan mati dengn cepat.

6. Ikan Hias Lionfish

Ikan lionfish adalah salah satu ikan hias air laut yang sangat populer dan bisa Anda temui dengan sangat mudah. Ikan ini terlihat sangat menarik karena mempunyai ornamen seperti duri yang panjang pada bagian tubuhnya. Ikan ini umumnya berukuran cukup besar sehingga Anda harus memastikan agar akuarium yang Anda punya mempunyai ukuran yang mencukupi.

5. Cara Mudah Merawat Ikan Hias Peliharaan

Memelihara ikan hias adalah sebuah pekerjaan yang sedikit membutuhkan ketelatenan dan keseriusan Anda. Ikan akan bisa hidup dengan baik apabila kondisi akuariumnya kondusif. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk merawat ikan hias peliharaan Anda:

  • Anda harus menjaga suhu air agar tetap stabil. Ikan hias sangatlah sensitif terhadap perubahaan suhu dan bisa mati secara mendadak apabila ada perubahan suhu yang terlalu drastis.

  • Pastikan kondisi tingkat keasaman akuarium tetap terjaga. Pastikan agar feses atau kotoran dari ikan tidak mencemari air akuarium Anda.

  • Bersihkan akuarium Anda secara berkala dan seringlah untuk menguras air yang ada di dalamnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update