Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Mudah Pelihara Ikan Louhan Berikut Tips dan Triknya

Monday, July 19, 2021 | 14:35 WIB Last Updated 2021-07-24T13:59:57Z

Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya
Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya

 

KARAWANGPORTAL - Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu jenis ikan hias yang identik dengan dahinya yang besar dan bulat. Ya, ikan hias ini dikenal dengan nama ikan Louhan dan memiliki banyak peminat karena keunikan dahi yang dimilikinya tersebut. Di Indonesia, popularitas ikan jenis ini juga cukup tinggi dan terbukti dengan harga jualnya yang lumayan mahal.

Ikan Louhan juga dipercaya sebagai salah satu jenis ikan hias atau pajangan yang dapat membawa peruntungan baik kepada pemeliharanya. Namun, tahukah Anda asal usul mengapa mitos tersebut banyak tersebar di kalangan para pecinta ikan, tak hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia? 

Secara singkat, kepercayaan bahwa ikan Louhan dapat memberi keberuntungan berawal dari mitos yang ada di negara Tiongkok. Tak sedikit pecinta ikan hias di Taiwan juga menganggap ikan Louhan sebagai pertanda datangnya keberuntungan. Bahkan, nama Louhan sendiri memiliki arti sebagai dewa pelindung. 

Melihat ketenaran ikan Louhan sebagai ikan pembawa hoki tersebut, mungkin membuat Anda merasa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang ikan ‘jenong’ ini. Terlebih lagi yang memang memiliki rencana untuk memelihara ikan Louhan di rumah. 


Nah, kira-kira apa saja hal yang bisa kamu lakun untuk memelihara Ikan Lohan Berikut karawangportal.com telah merangkum Cara Mudah Pelihara Ikan Louhan Berikut Tips dan Triknya. 

Makanan Ikan Louhan

Semua penggiat ikan Louhan pasti menginginkan ikannya memiliki warna cerah dan jenong yang besar. Untuk itu, Anda harus memperhatikan dengan betul kualitas dan jenis makanan ikan louhan yang diberikan.

Perlu diketahui faktor makanan ini hanya menjadi pendorong saja agar warna dan jenongya semakin keluar. Semua kembali lagi kepada genetik ikan yang dimiliki.

Tips
Sebaiknya lebih berhati-hati ketika membeli ikan louhan, pastikan nama penjual sudah populer dan memiliki rekam jejak yang baik, supaya genetik ikan yang didapat memang benar-benar berkualitas.

Jadi apabila genetik ikan louhan Anda memang sudah bagus, maka tinggal poles saja menggunakan pakan ikan Louhan berikut ini.

Ini Dia Jenis Makanan Ikan Louhan yang Terbaik!

Ada dua jenis pakan yang bisa diberikan untuk ikan louhan yaitu pakan alami dan buatan seperti berikut ini.

1. Ulat Hongkong

agromedia.net

Tidak hanya untuk burung, Ulat Hongkong juga kerap menjadi pilihan untuk ikan Louhan karena harganya yang murah dan tentunya memiliki kandungan protein, lemak, serta nutrisi yang tinggi.

Manfaat utama dari Ulat Hongkong adalah menebalkan tubuh ikan Louhan. Disamping itu Ulat Hongkong juga bisa memperbesar jenong dan mengeluarkan warna mutiara meskipun tidak signifikan.

Sayangnya dibalik kelebihannya itu, jika pemberian Ulat Hongkong terlalu banyak bisa memberikan efek warna kehitaman pada ikan.

Tipsnya jadikan Ulat Hongkong sebagai makanan selingan saja, dalam satu minggu paling tidak berikan 5 ekor ulat 2 sampai 3 kali. Kemudian pilihlah ulat yang baru ganti kulit (warnanya putih) dan  masih hidup ya, jangan pernah gunakan ulat yang warnanya hitam apalagi yang sudah mati.

2. Hati Ayam

karawang portal
Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya
 
Hati Ayam termasuk makanan ikan louhan yang kandungan lemaknya tinggi, sehingga cocok sekali untuk membesarkan jenong. Selain itu warna sisik ikan Louhan juga bisa dibuat lebih cerah olehnya.
 

Karena manfaatnya tersebut Hati Ayam juga sering dijadikan bahan untuk membuat pelet.

Satu gempal Hati Ayam harganya cukup hemat, hanya Rp 2.000. Dalam satu hari cukup berikan 2 potong kecil saja, jadi bisa digunakan untuk 1 minggu.

3. Cacing Sutra

Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya
Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya

 
Jika Anda memelihara ikan Louhan mulai dari burayak, maka Cacing sangat bagus untuk mendukung pertumbuhannya. Kelebihan utama dari Cacing Sutra adalah untuk mempertebal bodi dan mencerahkan warna ikan.
 

Biasanya Cacing Sutra bisa ditemukan dengan mudah di selokan atau got. Sayangnya Cacing Sutra rawan membawa kuman karena habitannya yang kotor itu, sehingga sebelum diberikan ke ikan Louhan harus dicuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih.

Bagi Anda yang tidak mau repot mencuci, sudah banyak kok  orang yang menjual Cacing Sutra siap saji dengan harga murah. Jika masih takut, mungkin pakan ikan louhan berikutnya bisa menjadi pilihan.

4. Cacing Beku

karawang portal
Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya

 
Bisa dibilang Cacing Beku lebih aman diberikan untuk ikan Louhan karena sudah dibersihkan dan kuman yang ada didalamnya sudah mati karena dibekukan.
 

Umumnya Cacing Beku itu berasal dari Cacing darah, dimana manfaatnya yaitu bisa memaksimalkan pertumbuhan, mencerahkan warna mutiara, serta memperbesar jenong.

Cacing beku biasanya dijual dalam bentuk kotak-kotak kecil, dalam satu hari cukup berikan satu kotak saja supaya tidak over.

5. Jangkrik

Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya
Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya

 
Kandungan protein dalam Jangkrik terbilang tinggi, sehingga jika diberikan untuk ikan Louhan bagus untuk menggemukkan badan ikan dan jenongnya.

Selain itu Jangkrik juga bagus untuk kualitas sperma dan kesuburan sel telur ikan Louhan yang akan dipijahkan.

Sebaiknya gunakan jangkrik sebagai pakan selingan saja, karena protein yang berlebihan bisa mengakibatkan Louhan menjadi gosong.

Maksimal gunakan 2 ekor saja untuk satu hari, kemudian jangan lupa untuk membuang kaki jangkrik supaya tidak melukai mulut ikan.

Bagi sebagian orang, katak merupakan hewan yang dianggap menjijikkan, bahkan beberapa orang mengaku phobia atau mengalami ketakutan yang berlebihan terhadap katak.

Namun, siapa sangka jika hewan yang satu ini justru bermanfaat sebagai pakan louhan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh ikan louhan.

Kandungan protein pada katak juga sangat tinggi, sehingga dapat membantu mempercepat pertumbuhan jenong yang menjadi daya tarik ikan louhan. Untuk mempermudah ikan louhan dalam mencerna pakan yang satu ini, Anda bisa memberikan katak yang ukurannya masih kecil.

7. Kelabang

karawang portal
Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya

 

Mungkin sebagian dari Anda akan merasa ketakutan jika ada hewan yang satu ini. Meski tubuhnya kecil, kelabang termasuk hewan yang ganas dan menyengat. Namun, kelabang rupanya bisa menjadi salah satu pakan alternatif yang baik untuk pertumbuhan ikan louhan.

Kelabang dipercaya dapat membantu mempercantik warna merah pada tubuh louhan. Namun, pakan yang satu ini kurang dianjurkan karena cukup berbahaya. Jika ingin memberikan kelabang sebagai pakan, Anda bisa membunuhnya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ikan louhan.

8. Ikan Kecil

karawang portal
Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya

 
Pakan yang baik untuk diberikan kepada ikan louhan selanjutnya adalah ikan-ikan kecil. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang ada pada ikan kecil sangat bagus untuk memberikan tambahan nutrisi dan mempercepat pertumbuhan tubuh ikan louhan. Nutrisi pada ikan kecil juga mampu membuat jenong louhan cepat besar dan berukuran ideal.

9. Udang

karawang portal
Cara Mudah Pelihara Ikan Lohan Berikut Tips dan Triknya

 

Udang tidak hanya memiliki satu manfaat, melainkan semua manfaat untuk ikan Louhan sudah komplit ada didalamnya. Karena itu semua orang pasti setuju jika Udang dikatakan sebagai makanan ikan Louhan alami yang terbaik.

Mulai dari membesarkan jenong, mencerahkan warna, hingga membuat tubuh menjadi tebal. Kerennya lagi proses pertumbuhan untuk mencapai semua manfaat itu akan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan pakan yang lain.

Selain itu, pada dasarnya Udang sudah menjadi makanan favorit ikan Louhan, jadi kemungkinannya sangat kecil jika Louhan menolak makanan lezat dan kaya nutrisi ini. Manusia saja suka makan Udang apalagi Louhan ya, hehe.

Cara memberi Udang untuk pakan ikan Louhan tidak bisa langsung ya, harus dipisahkan bagian kepala, ekor, serta kulit cangkangnya terlebih dahulu. Sehingga nantinya akan didapatkan bagian daging Udangnya saja.

Selain itu Anda juga harus membersihkan kotoran atau jeroan udang, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu potong daging Udang seukuran mulut ikan Louhan supaya mudah untuk dimakan.

Apabila tidak habis bisa dibekukan di kulkas dan tentunya masih aman untuk keesokan harinya.

10. Pelet

ikanesia.id

 Selain pakan alami, Anda juga bisa memberikan pakan buatan berupa pelet. Kandungan nutrisi di dalam pelet dapat membantu mencukupi kebutuhan asupan gizi pada ikan louhan.

Pelet untuk ikan Louhan itu ada banyak sekali, masing-masing memiliki fungsi tersendiri, apakah untuk membesarkan jenong dan ada juga yang khusus untuk memaksimalkan warna.

Pastikan Anda membeli pelet yang sudah benar-benar terbukti ya, jangan beli yang abal-abal. Rekomendasi pelet yang sudah cukup terkenal dikalangan Louhanners adalah pelet Okiko.
Tips Memberi Makan Ikan Louhan
Pastikan Higienis dan Aman

Secara tidak langsung pakan alami membawa kuman dan kotoran yang dibawa dari tempat sebelumnya, sehingga ada besar kemungkinan bisa menyebabkan air keruh ataupun menyebabkan penyakit pada ikan Louhan.

Karena itu sifat dari pakan alami lebih cocok untuk dijadikan sebagai makanan selingan, untuk makanan utama gunakanlah pelet yang sudah terjamin kebersihan dan nutrisinya.
Perhatikan Pola Pemberian Pakan

Seperti manusia, pemberian pakan untuk ikan Louhan juga perlu diselingkan supaya tidak bosan. Alangkah baiknya dalam satu hari ada pelet dan 2 makanan alami. Namun jika hanya ada pelet dan 1 makanan alami juga sudah cukup.

Ingat ya, selalu gunakan pelet sebagai makanan pokoknya. Idealnya berikan pelet pada pagi hari, kemudian sore hari dan malam harinya baru pakan alami.

Rekomendasi dari kami makanan alami pertama yang paling baik adalah Udang, dan yang kedua adalah Cacing Beku. Selain makanan itu, pemberiannya jangan terlalu sering, satu atau dua kali dalam seminggu sudah cukup.

Baiklah itu dia artikel mengenai makanan ikan louhan yang bisa kami ulas, semoga bermanfaat ya.. sekian dan terimakasih..

 

Sumber : Wikipedia, Akuatik.id

×
Berita Terbaru Update