Notification

×

Iklan

Iklan

>

20 Istilah dalam Website yang Sering Digunakan Dan Wajib Bloger Ketahui

Sunday, May 30, 2021 | Sunday, May 30, 2021 WIB Last Updated 2021-06-04T06:56:33Z

karawangportal
13 Istilah dalam Website yang Sering Digunakan Dan Wajib Bloger Ketahui

KARAWANGPORTAL - Istilah-istilah dalam dunia website terkadang masih asing kita dengar, khususnya untuk kita yang baru mempelajari tentang website, baik itu untuk kepentingan usaha, ataupun hanya sekedar hobi saja. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Solusi Website Karawang akan membahas tentang istilah website yang perlu kita ketahui yuk langsung saja disimak informasinya.
Pengertian Istilah Website

Menurut Wikipedia website  adalah halaman web yang saling terhubung dan umumnya berada pada server yang sama, website sendiri berisikan kumpulan informasi yang disediakan oleh individu, kelompok, ataupun organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan pada sebuah server yang dapat diakses melalui jaringan internet, ataupun jaringan LAN melalui alamat Internet yang dikenali sebagai url.

Contoh Web Browser Populer yang sering kita gunakan :

  •     Internet explorer,
  •     Mozila Firefox,
  •     Google Chrome,
  •     Opera,
  •     Safari,
  •     dan lain-lain

Seperti yang kita ketahui web browser adalah sebuah software yang memiliki fungsi utama untuk menerima dan menyajikan informasi yang ada di internet, informasi bisa berupa teks, gambar, dan juga video.

Selain itu web browser juga dapat melakukan pengiriman dan penerimaan email, mengolah bahasa html pada halaman web menjadi sebuah output yang informatif.

Di sini saya mencoba menjelaskan sedikit tentang istilah-istlah yang terdapat di dalam website.

  1. Web,  adalah fasilitas internet yang dapat menampilkan data-data yang berupa teks, gambar, suara, animasi, dan data multimedia lain melalui internet.
  2. WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan penyedia layanan webdi seluruh dunia yang dapat menyediakan data yang dapat digunakan besama.
  3. Situs Web (Web Sites), merupakan sebuah alamat tertentu di internet yang menyediakan informasi tertentu.
  4. Halaman Web (Web Pages), merupakan elemen-elemen penyusun situs web.  Situs web diumpamakan sebuah buku dan halaman-halaman web adalah halaman buku tersebut yang berisi informasi yang berbeda-beda di setiap halamannya.
  5. Halaman Muka (Home Page), merupakan halaman muka atau halaman depan dari sebuah situs web.
  6. Browser, aplikasi yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. Contoh browser adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera.
  7. Download, kegiatan mengambil data dari server (penyedia internet) ke client (pengguna internet / komputer lokal).
  8. Upload, kebalikan dari download, yaitu kegiatan penyalinan data dari client ke server.
  9. Email, atau Electronic mail, yaitu surat yang dikirim melalui media elektronik, khususnya internet.
  10. URL (Universal Resource Locator),  adalah suatu alamat yang mengacu kepada sebuah website tertentu.
  11. HTTP (Hypertext Transfer Protocol), merupakan bagian dari URL yang mengidentifikasi lokasi website.
  12. Search Engine (Mesin Pencari), merupakan sebuah situs web yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian informasi yang ada di internet.  Contoh Search Engine adalah Google dan Yahoo.
  13. Hyperlink, adalah fasilitas yang dapat mengantarkan pengguna dari alamat situs satu ke alamat yang lain.  Hyperlink dapat berupa gambar atau teks.
  14. Keywords  Keywords (kata kunci) adalah kata atau frase yang menjelaskan berbagai konten dalam situs Anda ke mesin pencari.
  15. Page One Page One adalah istilah untuk menyebut halaman pertama sebuah website di mesin pencari. Istilah dalam website ini sering juga disebut “pejwan”, atau Domain name berada di Peringkat Pertama.
  16. Media Sosial Media Sosial dapat didefinisikan sebagai situs web yang dibuat dengan tujuan bersosial dengan orang lain, dan berbagi bermacam konten secara online, Dalam hal ini meliputi media sosial seperti : Instagram,Facebook,Twitter,Youtube,Tiktok, dan banyak Lainnya.
  17. Domain Name  Seperti domain name mengacu pada nama fisik sebenarnya dari situs Anda, misalnya (karawangportal.com).
  18. Server Sebuah server dapat memiliki banyak arti, tetapi secara sederhana dapat dikatakan sebagai komputer terpusat yang menyediakan data ke berbagai komputer lain. Seperti Komputer Server, Email Server,File Server, dan Biasanya berbasis Cloud Computing.
  19. PPC (Pay-Per-Click)  PPC singkatan dari Pay-Per-Click alias bayar per klik, yang merupakan iklan online yang digunakan orang untuk menempatkan iklan mereka di website atau halaman media sosial seperti : Youtube,Tiktok,dan Seperti pada website ini, biasanya Domain yang di terima Adsense akan muncul iklan dan mendapatkan PPC Pay-Per-Click.
  20. SEO (Search Engine Optimization)  Mengacu pada proses pengoptimalan website melalui berbagai teknik dan strategi untuk tujuan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari (misalnya Google,Yandex,Bing,). SEO juga bisa dibantu dengan Backlink domain yang memiliki DA/PA besar dan Domain Terbaik.


×
Berita Terbaru Update