Notification

×

Iklan

Iklan

>

Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan Dan Dampak Buah Leci JIka Berlebihan

Friday, May 28, 2021 | Friday, May 28, 2021 WIB Last Updated 2021-05-28T11:33:15Z

karawangportal
Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

KARAWANGPORTAL - Terdapat berbagai ukuran yang berbeda-beda dari beragam buah yang biasa kita temui sehari-hari. Terdapat buah dengan ukuran besar seperti semangka, namun ada juga buah yang cukup mungil seperti leci.

Walau memiliki ukuran yang berbeda-beda, masing-masing buah ini biasanya mengandung manfaatnya sendiri-sendiri termasuk pada leci. Manfaat ini melengkapi kelezatannya yang biasanya mengandung rasa manis menyegarkan.

Buah leci memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup beragam di dalamnya. Terdapat kandungan vitamin C, K, B1, B2, B3, B6 dan E; serta mineral seperti kalsium, sodium, potassium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, serta polifenol dan karotenoid.

Beragam kandungan tersebut membuat buah ini memiliki beragam manfaat di dalamnya. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang terkandung dari buah leci.

1. Melembutkan Kulit

Kandungan tinggi air dari leci bisa membantu melembutkan kulit dan mencegah masalah kulit yang mungkin muncul seperti gatal dan kemerahan. Kandungan vitamin C dan E dari leci juga membantu meningkatkan tekstur kulit, menjaga kekenyalan kulit, dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan.

2. Mengobati Sengatan Matahari

Sengatan matahari merupakan salah satu masalah yang rentan dialami pada orang-orang yang tinggal di daerah tropis. Sejumlah kandungan yang terdapat di dalam buah leci bisa membantu melindungi kulit dari sengatan ultraviolet dan juga melancarkan aliran darah ke sel kulit.

3. Memenuhi Asupan Air

Leci memiliki kandungan air yang sangat tinggi di dalamnya sehingga sangat tepat untuk menjaga asupan air dalam tubuh. Selain itu, kandungan sodium dan potasium dari buah ini bisa menyeimbangkan dan mencegah berbagai masalah seperti mual, kelelahan, dan sakit kepala.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang menganggap udara panas sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Walau begitu pada kenyataannya hal ini tak semudah itu. Kandungan rendah kalori dan karbohidrat dari leci membuatkan sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Belum lagi adanya elektrolit seperti sodium, potassium, dan kalsium.

5. Menghilangkan Rasa Haus

Seperti telah disebut sebelumnya, kandungan air yang ada di dalam buah leci sangat tinggi. Oleh karena itu, tak hanya untuk memenuhi asupan air buah ini juga mampu menghilangkan rasa haus yang kita miliki dengan sangat lezat.

6. Menjaga Energi dalam Tubuh

Kandungan tinggi nutrisi dari leci bisa memberi suntikan energi dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, berbagai kandungan ini juga membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga tingkat energi dalam tubuh.

7. Memiliki Efek Antibakteria

Penelitian mengungkap bahwa leci memiliki efek antibakteri di dalamnya. Kandungan dalam buah ini bisa membantu mengatasi banyak masalah kesehatan pada cuaca yang panas seperti infeksi E.Coli yang disebabkan oleh bakteri.

Ketahi 5 Dampak Penyakit, Jika Berlebihan Mengkonsumsi Buah Leci

Leci adalah buah asal Cina yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung , menjadi campuran teh, kue dan lain sebagainya.

Buah leci juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral, antioksidan, fitonutrien dan lainnya yang terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, Leci juga menyimpan banyak manfaat kecantikan untuk kulit maupun rambut kita. Namun, tahukah Anda bahwa leci yang kaya manfaat dengan sejumlah kandungan nutrisinya ini  ternyata memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Melansir dari goodhealthall.com, konsumsi leci berlebihan bisa memicu sejumlah penyakit yang mungkin membahayakan nyawa jika tak segera mendapat pertolongan. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Hipoglikemia

Bagi penderita diabetes mengonsumsi leci mungkin sangat membantu untuk menurunkan gula darah, tetapi konsumsi leci yang tidak terkontrol bisa menurunkan gula darah kita ke taraf yang sangat rendah.


Kondisi inilah disebut hipoglikemia. Apalagi jika pasien diabetes sudah mengonsumsi obat untuk mengendalikan kadar gula darah, konsumsi leci justru akan memperburuk kondisinya.

2. Tekanan darah rendah

Selain menurunkan gula darah, konsumsi leci terlalu banyak juga menurunkan tekanan darah hingga ke taraf paling rendah. Biasanya orang akan merasakan gejala seperti pusing, pandangan kabur, mual, dingin, keletihan ekstrem dan pernapasan pendek.


Karena itu, bagi seseorang dengan tekanan darah tinggi dan sudah mengonsumsi obat tetap harus berhati-hati ketika mengonsumsi buah leci.

3. Menghilangkan keseimbangan tubuh

Konsumsi buah leci terlalu banyak mungkin akan meninggalkan rasa 'panas' di dalam tubuh yang bisa menghilangkan keseimbangan tubuh kita. Akibatnya, seseorang mungkin akan mengalami hidung berdarah, sakit tenggorokan, sakit mulut dan lainnya.

4. Autoimun

Leci yang merupakan sumber vitamin C sangat baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh. Di sisi lain, leci membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih aktif melindungi diri dari mikroba penyebab penyakit.


Akibatnya, sistem kekebalan tubuh yang hiperaktif inilah dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun seperti multiple sclerosis, lupus, rheumatoid arthritis dan lainnya.

5. Meningkatkan gula darah

Meskipun leci dipercaya mampu membantu menurunkan gula darah seperti yang dijelaskan sebelumnya. Bukan berarti leci tidak bisa menaikkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.


Bagi penderita diabetes yang sudah minum obat kontrol gula darah lalu mengonsumsi leci bisa mengalami 2 kemungkinan, gula darah akan turun drastis atau justru naik drastis.


Karena itu, penderita diabetes harus sangat hati-hati ketika mengonsumsi leci. Dokter menyarankan untuk tidak mengonsumsi leci lebih dari 6 buah.
Itulah lima risiko kesehatan yang mengintai bila Anda berlebihan makan buah leci, jadi hati-hati ya!
 

 

×
Berita Terbaru Update