Notification

×

Iklan

Iklan

>

Sekjen PDIP Tegaskan Perjanjian Batu Tulis Sudah Selesai

Saturday, May 29, 2021 | Saturday, May 29, 2021 WIB Last Updated 2021-05-29T12:35:21Z

 

karawangportal
Sekjen PDIP Tegaskan Perjanjian Batu Tulis Sudah Selesai

KARAWANGPORTAL - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan perjanjian batu tulis antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, sudah selesai pada Pemilu 2009.

"Kalau perjanjian batu tulis yang dimaksudkan dalam konteks politik Prabowo dan bu Mega untuk Pemilu sudah selesai pada tahun 2009," kata Hasto, Jumat (28/5/2021).

Menurut Hasto, syarat perjanjian batu tulis tidak dipenuhi karena pasangan Megawati-Prabowo kalah pada Pemilu 2009.

Dia pun menyindir konflik Internal Partai Demokrat memunculkan suara-suara yang menggugat bahwa kemenangan Pemilu 2009 ternyata penuh dengan manipulasi.

"Politik itu menjadikan kekuasaan harus diperoleh dengan cara benar," ujar Hasto.

Hasto mengatakan bahwa PDIP percaya bahwa kekuasaan yang diperoleh dengan cara yang tidak benar akan membawa karma politik dan kesengsaraan lahir batin.

"Di kantor PDI Perjuangan kami menuliskan, Satyameva Jayate dimana pada akhirnya kebenaran pasti akan menang," kata Hasto.

Diketahui, Perjanjian Batu Tulis adalah perjanjian antara Megawati dan Prabowo saat berpasangan pada Pilpres 2009. Perjanjian ini ditandatangani di kawasan Batu Tulis, Bogor.

Ada 7 kesepakatan dalam perjanjian itu, salah satunya Megawati Soekarnoputri mendukung pencalonan Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pemilu Presiden 2014.

Namun, pada akhirnya Megawati malah mendukung Jokowi di Pilpres 2014 yang berhadapan dengan Prabowo. Hasilnya, Jokowi menang dua periode dari Prabowo.

Meski demikian, pada akhirnya Prabowo bergabung menjadi Menteri Pertahanan di Kabinet Jokowi. Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani juga mengatakan kemungkinan terjalinnya koalisi Gerindra dan PDIP pada Pilpres 2024.

"Itu menjadi sebuah kemungkinan adanya peluang untuk dimungkinkannya Pak Prabowo maju bersama PDIP. Tapi, sekali lagi pembicaraan tentang hal itu belum sampai pada hal detail," papar Muzani beberapa waktu lalu.

[ www.indozone.id]

×
Berita Terbaru Update