Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Budidaya Ikan Betutu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Friday, July 16, 2021 | 16:24 WIB Last Updated 2021-07-16T09:24:42Z

Cara Budidaya Ikan Betutu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
dunia-perairan.com

KARAWANGPORTAL - Banyak sekali jenis ikan konsumsi yang kerap dijadikan masakan lezat. Salah satunya ialah ikan betutu. Mungkin sebagian dari kamu asing dengan masakan ikan betutu, karena memang ikan ini jarang sekali digunakan sebagai lauk peneman nasi di indonesia.

Tetapi tahukah kamu? tidak cukup populer di indonesia ternyata kalau di negara lain, ikan ini merupakan salah satu sajian mewah di sejumlah hotel-hotel  bintang 5.

Betutu ini terdapat di area perairan Asean alias asia tenggara, namun di perairan indonesia kamu akan sulit untuk temukan ikan dengan ukuran yang besar.

Fakta-Fakta Mengenai Ikan Betutu

1. Ikan malas
Ikan ini dijuluki sebagai ikan malas, karena ikan ini jarang bergerak dan hanya berdiam diri di dasar perairan. walaupun ikan ini diusir, ikan ini akan tetap berada di tempat semula.

2. Pola-pola yang unik
Ikan ini memiliki pola-pola pada tubuhnya, yang warnanya menyerupai dengan batu pualam yang berwarna kemerahan.

3. Aktif di malam hari
Ikan ini termasuk hewan nokturnal, yang aktif di malam hari. Hewan ini hanya akan berdiam diri di dasar perairan, dan apabila ada ikan kecil yang lewat ia akan memangsanya. Hewan ini biasanya memangsa ikan kecil, udang, siput air dan juga kepiting.

Cara Budidaya Ikan Betutu

Bibit Ikan Betutu

 

1. Mempersiapkan kolam budidaya
Bentuk kolam yang baik adalah yang memiliki kepadatan 16 ekor/kaki2 (1 meter = 3 kaki). Dengan pencahayaan yang samar-samar dengan penggunaan tumbuhan akuatik dan plastik hitam sebagai pelindung cahaya matahari langsung.

Kedalaman air kolam dengan tinggi 40 cm sampai 50 cm dengan kandungan oksigen terlarut DO>5 mg/liter, dan juga harus berada di suhu air yang tepat. Di dalam kolam juga tersedia tempat bersembunyi, anda bisa menggunakan genting atau pipa PVC.

Setelah kolam selesai dibuat, diamkan selama 3-5 hari agar kering sempurna dan juga agar semua kuman dan hama yang ada di dalam kolam mati.

Setelah selesai, lakukan pemupukan pada dasar kolam dengan pupuk organik kering secara merata. Anda bisa menggunakan pupuk organik berupa kotoran sapi, kerbau, atau kompos untuk membantu pertumbuhan benih ikan.

2. Menebarkan benih-benih ikan
Setelah melakukan pemupukan, kolam diisi dengan air sampai ketinggian sekitar 30 cm lalu tunggu hingga air berubah menjadi hijau.

Setelah air berubah menjadi hijau, anda bisa menambahkan lagi air hingga 1 meter. Selanjutnya adalah memasukkan benih ikan ini. Apabila ukuran kolam 200-300 m2 maka benih ikan yang dimasukkan sebanyak 1-1,5 kwintal.

3. Pembesaran ikan betutu
Pembesaran dilakukan apabila ikan ini sudah siap dikonsumsi, biasanya setelah 1- bulan setelah penebaran benih. Kolam yang dibutuhkan dalam budidaya ikan ini seluas 200 m2 hingga 600 m2, ikan ini menyukai air yang cukup dalam dan pencahayaan yang redup. Karena hewan ini termasuk hewan nokturnal, ia suka berada di tepi kolam saat malam hari.

Untuk itu anda bisa memberinya tanaman air, agar ikan ini lebih nyaman berada di dalam air. Sebelumnya kolam pembesaran ikan ini akan diberikan kotoran ayam sebanyak 0,5 – 1,5 kg/m2, lalu akan diberi saluran irigasi air melalui saringan, dan diberikan benih tergantung dengan kebutuhan.

Untuk pemberian benih, benih yang berukuran 100 g dapat ditabur 20 ekor/m2, apabila ukuran benih 175 g dapat ditebar sebanyak 8 ekor/m2. Dalam waktu 5 bulan, benih berukuran 100 g dapat tumbuh hingga 250 g/ekor, sedangkan benih 175 g dapat tumbuh hingga 400 g/ekor selama 6 bulan setelah di budidaya.

Harga Jual Ikan Betutu

Kalau kamu mau membudidayakan betutu, kamu akan memerlukan waktu tidak sedikit. Karena untuk perawatan sampai dengan panennya agar bisa menjadi ikan layak konsumsi dengan berat 400 gram satu ekornya dan ukuran sekitar 20 cm butuh waktu hingga 1 tahun.

Maka dari itu kami sarankan berat ikan yang bisa kamu tebarkan benih dari betutu pada kolamnya sekitar 200 gr satu ekornya. Tetapi kalau memang kamu tak handal dalam hal membudidayakan ikan, langsung saja kamu beli di pasar, untuk harga perkilonya sekitar 200 ribu kurang.

Jika kamu ingin mengkonsumsinya langsung di restoran ataupun dalam, hotel-hotel mewah siapkan uang sebesar 300rb rupiah saja.

Sekarang tinggal kamu pilih ingin membudidayakan ikannya atau hanya menjadi penikmat  dagingnya saja?  Menengok harga ikannya yang cukup mahal maka mungkin sebagian dari kamu akan lebih tergiur untuk melakukan bisnis budidaya ikan betutu bukan?

Namun perlu diingat bahwa untuk membudidayakan ikan betutu ini tentu harus banyak sekali usaha yang kamu lakukan, mengingat ikan ini lambat dalam berkembang untuk tumbuh. Jadi kamu harus banyak bersabar dalam merawat ikan unik satu ini.

Jenis Ikan Betutu

Terdapat 7 jenis ikan betutu yang berasal dari spesies Oxyeleotris Marmorata:
1. Oxyeleotris Marmorata. Blkr (Jenis Paling Mahal)
2. Oxyeleotris Urophthalmus. Blkr
3. Oxyeleotris Urophthalmoides. Blkr
4. Oxyeleotris Sineolatus. Blkr
5. Oxyeleotris Heterodon. Seen
6. Oxyeleotris Fimbriatus. Weber
7. Oxyeleotris Ereuntris.E

Ciri-Ciri Ikan Betutu

1. Bentuk tubuh
Bentuk tubuh ikan ini memiliki tubuh yang kecil dengan kepala yang besar

2. Ukuran tubuh
Ukuran tubuh ikan ini memiliki panjang maksimal 65 cm. Namun saat ini ukurannya hanya mencapai 20-40 cm, dengan berat 7 kg/ekor.

3. Warna mata
Ikan ini memiliki warna mata merah bata yang terlihat sedikit memudar, tetapi ada warna coklat dan hitam.

4. Kulit
Pada kulit ikan ini, terdapat pola-pola atau bercak berwarna hitam atau cokelat pada seluruh tubuh kecuali ekor.

5. Sirip
Memiliki sirip dorsal di bagian punggung yang disertai dengan duri.

6. Sisik
Sisik yang dimiliki oleh ikan ini berupa sisik kecil yang halus berwarna cokelat muda atau campuran. Sisik ini terdapat di bagian kepala hingga pangkal ekor.

11 Manfaat Ikan Betutu Bagi Kesehatan

Sajian Ikan Betutu dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Sajian Ikan Betutu dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
 

1. Meningkatkan sistem imun
Kandungan albumin yang terdapat di dalam ikan ini, dapat meningkatkan sistem imun sehingga baik untuk dikonsumsi. Apabila sistem imun meningkat, maka tubuh kita akan lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh.
 

2. Mempercepat keringnya luka
Manfaat albumin dari ikan ini selanjutnya adalah dapat membuat luka bekas jahitan operasi cepat mengering. Hal itu karena albumin dapat mempercepat penyatuan jaringan kulit di dalam tubuh, sehingga ikan ini baik untuk pasien pasca operasi agar jahitan cepat kering.

3. Mengobati penyakit hepatitis
Hepatitis bisa disebabkan oleh hati yang tidak bisa memproduksi albumin yang bermanfaat untuk organ hati. Sehingga apabila anda mengkonsumsi jenis ikan yang satu ini, anda bisa mendapatkan albumin yang bisa memperbaiki kinerja hati dalam memproduksi albumin sehingga hepatitis bisa disembuhkan.

4. Mengobati autis
Berbagai vitamin yang terkandung dalam jenis ikan ini, dapat bermanfaat sebagai terapi untuk anak yang menderita autis. Sehingga apabila anak autis mengkonsumsi ikan ini dapat membantunya lebih peka dan lebih berkembang dibandingkan sebelumnya.

5. Menghaluskan kulit
Ikan yang kaya akan vitamin E ini, sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bagi anda para wanita bisa mengkonsumsi ikan ini minimal 100 gram setiap harinya untuk membuat kulitnya halus. Anda bisa mengkonsumsi ikan ini dengan berbagai macam cara seperti membuat sambal ikan betutu, atau betutu goreng crispy.

6. Mengobati patah tulang
Ikan betutu memiliki kadar albumin yang tinggi, sehingga bermanfaat dalam pemulihan sel-sel tubuh yang rusak dan juga terbelah.

Pasien patah tulang memiliki sel yang terbelah, sehingga mengkonsumsi ikan ini dapat memperbaiki dan memulihkan sel tubuh yang terbelah. Mengkonsumsi ikan ini adalah cara yang tepat untuk pengobatan pasien patah tulang.

7. Menyembuhkan nyeri
Rasa nyeri yang ditimbulkan dari jahitan pasca operasi, dapat dihilangkan dengan albumin yang terdapat di jenis ikan ini.

8. Meningkatkan kadar albumin
Albumin adalah protein yang diproduksi oleh hati, berkurangnya kadar albumin di dalam rubuh bisa membuat sesorang rentan terkena penyakit hepatitis.

Tidak hanya hepatitis saja, penyakit lain seperti liver, sirosis hati juga bisa menyerang orang yang rendah akan albumin. Sehingga mengkonsumsi jenis ikan ini adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan kadar albumin anda.

9. Menyembuhkan luka bakar
Kandungan albumin yang terdapat di ikan ini dapat memulihkan sejumlah sel yang rusak karena terbakar. Jika sel rusak itu bisa dipulihkan, maka penyembuhan luka bakar akan semakin cepat.

10. Mengobati gangguan sintetis albumin
Penyakit ini akan membuat penderitanya memiliki sistem imun yang rendah sehingga akan mudah terkena berbagai macam penyakit yang menyerang.

Penyakit ini memang masih asing terdengar di telinga, karena sedikit orang yang mengalaminya. Albumin yang terdapat di dalam ikan yang satu ini dipercaya dapat mengobati penyakit tersebut.

11. Membuat awet muda
Kandungan vitamin E yang terkandung di dalam ikan ini, bisa membuat kulit menjadi awet muda. Manfaat vitamin E yang berfungsi untuk meremajakan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan wajah, sehingga dapat membuat kulit terlihat awet muda dan menghilangkan kerutan-kerutan di wajah.

Nah itulah penjelasan dan seluk beluk ikan betutu dari cara budidaya ikan Palmas sampai manfaat ikan tersebut, Kami sangat senang bisa berbagi informasi ini kepada kalian semua. Terimakasih sudah menyimak artikel ini sampai dengan tuntas, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ya, sampai bertemu lagi di pembahasan berikutnya!**AD**

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update