Notification

×

Iklan

Iklan

Harga dan Manfaat Udang Galah dan Bahayanya Kalau Anda Makan Berlebihan

Friday, July 2, 2021 | 10:52 WIB Last Updated 2021-07-02T07:13:20Z

Harga dan Manfaat Udang Galah dan Bahayanya Kalau Anda Makan Berlebihan
Harga dan Manfaat Udang Galah dan Bahayanya Kalau Anda Makan Berlebihan


KARAWANGPORTAL - Anda penyuka makanan seafood? Pasti kenal dong dengan udang galah. Udang yang satu ini banyak digemari dan dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Udang jenis galah dapat diolah menjadi berbagai macam masakan sehingga membuat orang banyak yang menggemarinya. Apalagi masakan yang menggunakan bahan dasar udang ini pastinya memberikan rasa yang unik.

Kali ini akan dibahas untuk Anda yang ingin mengetahui tentang udang galah. Mulai dari harganya, hingga manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam mengonsumsi udang ini. Sudah mulai penasaran? Berikut ini adalah berbagai macam informasi udang jenis galah untuk Anda.

Ciri-Ciri dan Manfaat dari Udang Galah

Sebelum mengetahui harga dari udang jenis galah ini, Anda sebaiknya mengetahui ciri-ciri dan manfaat yang diberikan oleh udang ini. Dengan memahami ciri-cirinya, Anda tidak akan mudah tertipu ketika ingin membeli udang jenis galah. Sedangkan dengan mengetahui manfaatnya, Anda dapat mengolahnya dengan benar dan mengonsumsinya dengan tenang.

Sehingga Anda tidak hanya sekadar memakan udang galah namun mengetahui manfaat yang diberikan oleh udang ini. Berikut ini adalah ciri-ciri dan manfaat dibalik udang yang menjadi primadona di Indonesia ini.

1. Ciri-Ciri Udang Galah

Ciri-ciri yang harus diperhatikan untuk yang pertama adalah udang ini hidup di air tawar. Udang ini berbeda dengan udang yang lainnya karena memiliki ukuran tubuh yang cukup besar di kelas udang dengan warna corak khas cokelat dan memiliki capit dengan warna kebiru-biruan.
 
Lalu keunikan lainnya dari Udang ini adalah memiliki sebuah kepala yang cukup besar, hampir memiliki bentuk kerucut dan memiliki restrum dengan bentuk yang ujungnya lebar. Adapun bentuk gigi gergaji berjumlah 11 hingga 12 gigi pada tubuhnya.

2. Manfaat Udang Galah


Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi udang jenis galah. Adapun manfaat utama yang bisa Anda temukan adalah dengan mengonsumsi udang tersebut, Anda dapat memenuhi kebutuhan protein yang lengkap untuk tubuh Anda.

Lalu manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah udang ini adalah, udang ini dapat menjadi menu diet Anda dan bisa memberikan kekebalan tubuh. Selain itu bagi anak-anak, udang ini dapat membantu tumbuh kembang anak dan mencerdaskan otak. Oleh karena itu, udang ini sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari.
 

Harga Udang Galah dari Berbagai Daerah

Pada dasarnya, harga udang galah relatif sama jika daerahnya berdekatan. Rata-rata udang ini dijual dengan harga sekitar Rp. 85.000 sampai Rp. 160.000.
 
Berikut ini akan dibahas untuk Anda tentang beberapa harga udang jenis galah di berbagai daerah. Jika Anda penasaran, berikut ini adalah harganya.

  1. Harga udang jenis galah di peternak dihargai sangat murah sekitar Rp. 86.000 sedangkan jika sudah sampai supermarket atau pasar, harganya bisa mencapai Rp 126.000
  2. Untuk harga udang jenis galah di daerah Jabodetabek memiliki kisaran harga sekitar Rp. 125.000 hingga Rp. 185.000 (Tergantung bentuk dan ukuran)
  3. Untuk di Jawa Tengah bisa didapatkan dengan harga kisaran Rp. 85.000 hingga harga Rp. 160.000 (Tergantung bentuk dan ukuran)

Untuk harga pun relatif menyesuaikan dengan daerahnya namun harga akan lebih mahal jika daerah tersebut harus mendatangkan udang jenis galah dari daerah lain. Semisal saja harga udang jenis galah di Bali bisa mencapai harga kisaran Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000.

Adapun tips yang bisa Anda gunakan untuk membeli udang galah adalah dengan membeli langsung ke peternak atau membeli udang yang baru saja masuk ke pasar. Biasanya udang yang baru masuk tersebut memiliki tingkat kesegaran yang cukup tinggi.
 

Bahayanya jika Anda mengonsumsi udang berlebihan

Walaupun memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh, tidak baik rasanya jika Anda mengonsumsi udang banyak-banyak. Ada berbagai faktor risiko mengonsumsi udang berlebihan, terutama jika Anda mengidap masalah kesehatan seperti di bawah ini.

1. Menaikkan kadar kolesterol tubuh

Udang memiliki kandungan protein baik untuk tubuh. Namun, makan udang berisiko pada beberapa kalangan karena mengandung kadar kolesterol yang tinggi.

Jika Anda mengonsumsi 3,5 ons — atau sekitar 99 gram — udang dalam sekali makan, bisa memasok sekitar 200 miligram total kolesterol untuk tubuh. Padahal, U.S Department of Agriculture menyarankan tidak lebih dari 300 mg total kolesterol per hari bagi orang dalam kondisi sehat.

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, angka ini mungkin sudah melebihi jatah asupan kolesterol untuk sehari penuh. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait batas konsumsi kolesterol harian.

2. Meningkatkan risiko kanker payudara

Udang yang Anda konsumsi bisa saja merupakan produk ekspor yang melalui proses pengiriman, sehingga perlu menggunakan bahan pengawet tertentu. Bahan pengawet bernama 4-heksilresorsinol adalah zat aditif yang biasa digunakan untuk mencegah perubahan warna pada udang.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Chemical Society menemukan bahwa pengawet 4-heksilresorsinol juga mengandung zat xenoestrogen. Zat ini memiliki efek yang terbukti meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita dan mengurangi jumlah sperma pada pria.

Sebuah studi yang diterbitkan Environmental Health pada 2012 juga menemukan paparan lingkungan terhadap xenoestrogen dikaitkan dengan beberapa bahaya kanker, seperti kanker paru-paru, ginjal, pankreas dan otak.

3. Memicu tekanan darah tinggi

Udang adalah salah satu sumber makanan yang mengandung natrium cukup tinggi. Dalam 100 gram udang mengandung 180-200 miligram natrium. Sebagai perbandingan, satu sendok teh garam mengandung 2.000 miligram natrium.

Jika Anda menambahkan garam dalam menu udang sebaiknya lebih berhati-hati. Hal ini karena sedikit saja tambahan natrium bisa membuat Anda melewati batas yang dianjurkan setiap hari. Mengonsumsi natrium terlalu banyak bisa meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, dan osteoporosis.

Permenkes No. 28 tahun 2019 merekomendasikan batas asupan natrium orang dewasa adalah 1.500 miligram per hari. Itu pun belum terhitung jika Anda mengonsumsi lauk pauk lainnya.

Selain ketiga bahaya tersebut, mengonsumsi udang juga bisa menimbulkan reaksi alergi bagi beberapa kalangan. Jika Anda merasakan gejala alergi, hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan segera.

Kesimpulan : Apapun yang di konsumsi berlebihan akan dapat berdampak buruk, bahkan udang galah yang enak dan lejat sekalipun bisa berdampak buruk jadi bijak lah dalam melakukan setiap kegiatan dalam hidup terlebih dalam mengkonsumsi makanan semoga bermanfaat.

Rangkuman Artikel : ikannesia.id dan hellosehat.com

 
 
Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :
×
Berita Terbaru Update