Notification

×

Iklan

Iklan

7 Khasiat Sehat Minum Teh Lemon Jahe Saat sebelum Tidur

Friday, September 24, 2021 | 10:52 WIB Last Updated 2021-09-24T03:52:09Z
7 Khasiat Sehat Minum Teh Lemon Jahe Saat sebelum Tidur
7 Khasiat Sehat Minum Teh Lemon Jahe Saat sebelum Tidur

 

KARAWANGPORTAL- 7 Khasiat Sehat Minum Teh Lemon Jahe Saat sebelum Tidur, Gak cuma membantu tidurmu nyenyak Kamu sedang susah tidur? Tentu ini bisa bikin frustrasi, apalagi kalau keesokan paginya ada hal penting yang harus dilakukan. Ada banyak cara alami untuk membantumu cepat tidur, salah satunya adalah dengan meminum teh lemon jahe. 


Cukup campurkan lemon dan jahe ke dalam teh lalu campurkan pemanis alami seperti madu, seduh dan minum selagi hangat sebelum tidur. Tak cuma membantu tidur, teh lemon jahe ini juga punya manfaat lainnya. Apa saja?

1. Melegakan gangguan pencernaan

Tidak bisa tidur karena gangguan pencernaan? Kamu bisa mengandalkan teh lemon jahe beberapa saat sebelum tidur! Ini karena baik lemon dan jahe memiliki senyawa untuk melancarkan pencernaan.


Dipakai turun-temurun, jahe (Z. officinale) sering digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mempercepat pengosongan lambung. Kemudian, lemon (C. limon) juga mengandung senyawa limonene yang mempercepat perpindahan makanan di saluran pencernaan, sehingga mengurangi rasa kenyang berlebih.

2. Meringankan sensasi mual

Mengonsumsi jahe 1-1,5 gram sehari dikatakan ampuh untuk mengobati mual, baik mual biasa atau mual akibat kemoterapi dan kehamilan. Kabarnya, khasiat ini datang dari senyawa gingerol dalam jahe. Akan tetapi, beberapa penelitian menemukan efek jahe terhadap mual akibat kemoterapi masih beragam, sehingga perlu diteliti lebih dalam untuk memastikannya.


Teh lemon dan jahe umumnya aman untuk diminum para ibu hamil. Namun, untuk mencegah efek samping yang merugikan, bicarakan dengan dokter, terutama bila sudah mendekati masa persalinan atau memiliki riwayat pembekuan darah (trombosis) dan keguguran.


3. Melegakan hidung tersumbat

Uap panas dari teh lemon jahe menjadi obat alternatif yang sudah lama dipakai untuk melegakan pernapasan, terutama membuka rongga hidung dan melegakan hidung tersumbat. Selain itu, kehangatan teh lemon jahe juga mengurangi penumpukan lendir pada tenggorokan.


Mendekati musim dingin dan musim hujan, teh lemon jahe bisa jadi alternatif saat masalah pernapasan atau alergi musiman melanda. Kehangatan dari teh lemon jahe melegakan saluran pernapasan, sehingga udara mengalir ke hidung tanpa hambatan.

4. Melancarkan sembelit

Sembelit biasanya dapat disebabkan oleh dua hal: dehidrasi dan kurang asupan serat. Jika sembelit disebabkan oleh dehidrasi, kamu dapat mengandalkan teh lemon jahe sebelum tidur.


Kandungan pada jahe dan lemon dapat melancarkan pencernaan dan membuat tinja melewati saluran pencernaan lebih mudah. Tidak lupa, tetap jaga asupan cairan sehari-hari agar tidak sembelit. Jika sembelit tak kunjung reda, segera konsultasi ke ahlinya, terutama jika buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

5. Mengusir inflamasi

Selain melegakan sensasi mual, gingerol pada jahe juga terkenal dengan efek antiinflamasi dan antioksidan yang dimilikinya. Seperti yang kita tahu, zat radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan inflamasi kronis, sehingga dapat menyebabkan sindrom metabolik, kanker, hingga penurunan kognitif dan gangguan kardiovaskular.


Akan tetapi penelitian mengenai efek antiinflamasi jahe pada manusia masih belum konklusif. Selain itu, tidak ada acuan mengenai berapa banyak dosis gingerol yang dibutuhkan untuk mencapai efek antiinflamasi pada manusia, terutama dari secangkir teh lemon jahe.


Menjaga kadar cairan penting untuk menjaga fungsi organ vital seperti ginjal, usus, dan jantung. Berapa banyak yang dibutuhkan? Berbeda-beda pada setiap orang dan terus berubah seiring waktu.


Suka minum teh? Teh lemon jahe bisa menjadi minuman favoritmu karena kehangatan jahe dan rasa asam lemon membuat siapa pun jatuh hati. Nah, berita baiknya, kamu juga tetap minum air, sehingga mencegah dehidrasi.

7. Menenangkan pikiran

Secangkir teh lemon jahe setiap malam dapat menjadi "ritual" malam yang bisa kamu andalkan. Kehangatan teh lemon jahe dan momen sendiri di kamar menjadi momen yang menenangkan. Selain itu, kamu juga dapat melatih mindfulness dalam diri.

Tidak cuma relaksasi, mindfulness dalam diri juga membantu diri memproses emosi negatif dan menjalani hari dengan energi positif. Efek wangi lemon pada teh lemon dan jahe serupa dengan minyak esensial lemon. Meski penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan, wewangian lemon juga dapat membawa efek relaksasi.


Menyiapkan teh lemon dan jahe yang tepat
Jadi, tertarik untuk membuat teh lemon dan jahe? Tidak sulit, kok! Untuk porsi satu cangkir, yuk, kita siapkan bahan-bahannya:

  •     Sepotong jahe segar berukuran 2,5 sentimeter, dikupas
  •     1/2 lemon, dipotong tiga
  •     1 cangkir (237 mililiter) air
  •     Madu secukupnya


Kemudian, begini cara meramunya:


  •     Masukkan jahe dan lemon ke dalam yang berisi secangkir air (237 ml)
  •     Rebus hingga mendidih. Biarkan campuran jahe dan lemon meresap ke dalam air setidaknya selama 10-15 menit
  •     Jika kurang "nendang" coba parut, potong, atau geprak jahe menjadi potongan yang lebih kecil. Kamu juga bisa menambahkan kulit lemon agar aroma lemon lebih terasa di hidung
  •     Tambahkan madu sesuai selera dan aduk hingga larut
  •     Sajikan dan minum selagi hangat


Risiko kesehatan yang perlu diperhatikan
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama jika kamu sering minum teh lemon jahe. Pertama, penggunaan madu dalam teh lemon jahe sama saja seperti gula, jadi ini perlu diperhatikan bagi para pasien diabetes. Kurangi jahe jika terlalu pedas atau gunakan alternatif gula seperti stevia yang minim karbohidrat.

Mengonsumsi cairan seperti teh lemon jahe sebelum tidur dapat membuatmu terus kebelet dan bangun tiba-tiba. Pertimbangkan untuk mengonsumsi teh lemon jahe 1-2 jam sebelum tidur, jangan beberapa menit sebelum tidur!

Ketiga, jahe mengandung senyawa salisilat yang secara alami mengencerkan darah. Jika kamu memiliki riwayat pendarahan atau mengonsumsi pengencer darah, kurangi konsumsi jahe. Terakhir, konsumsi jahe berlebihan (lebih dari 2 gram) malah bisa berbalik dan menyebabkan gangguan pencernaan. Jadi perhatikan takarannya, ya.


Itulah beberapa manfaat mengonsumsi teh lemon jahe hangat sebelum tidur. Dari melegakan saluran pencernaan hingga membuat kamu lebih mindful, teh lemon jahe bisa jadi minuman sehat favorit.

Akan tetapi, jika kamu memiliki riwayat-riwayat gangguan kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsi teh jahe. Walaupun menyehatkan, tetapi tetap konsumsilah dengan bijak, jangan berlebihan.  

×
Berita Terbaru Update