Notification

×

Iklan

Iklan

Apa Itu NFT? Cara Membuat NFT dan Menjualnya

Wednesday, February 10, 2021 | 13:01 WIB Last Updated 2021-08-26T06:03:56Z
Apa Itu NFT? Cara Membuat NFT dan Menjualnya
NFT/Karawangportal.com
 
KARAWANGPORTAL - Apa itu NFT atau Non-Fungible Token? NFT adalah aset mata uang kripto (cryptocurrency) yang mewakili berbagai macam barang unik, baik fisik maupun virtual seperti real estat atau seni digital. 
 
NFT itu unik – seperti karya seni asli, NFT menggunakan rantai blok (blockchain) untuk mengidentifikasi keasliannya, sehingga Anda dapat membedakan antara yang asli atau replika. 
 
Mereka pada dasarnya adalah entri blockchain dan memberikan kesempatan bagi kolektor untuk memiliki koleksi digital di mana setiap item dapat dilacak ke penerbit aslinya. CryptoPunks dan CryptoKitties adalah dua NFT yang paling populer. 

 

Definisi NFT Adalah? 

NFT adalah : Karya seni digital itu berupa NFT Art, Dilansir dari laman academy.benance.com ,NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token. NFT adalah tipe khusus dari token kripto yang mewakili sesuatu yang unik. NFT disebut non-fungible karena tidak dapat saling dipertukarkan. 
 
NFT merupakan singkatan dari Non-Fungible Tokens yang berarti bahwa token tidak dapat dibuat ulang atau digantikan. 
 
Fungible sendiri berarti dapat digantikan, non-fungible jadi berarti tidak dapat digantikan dimana menjadikan NFT sesuatu yang unik. 
 
Contoh dari fungible: Dolar dan koin dapat ditukar satu sama lain dan memiliki nilai yang sama. Dengan kata lain, 1 dolar dari mata uang negara lain dapat ditukar dengan dolar yang lain karena mereka memiliki nilai yang sama. 
 
Contoh dari non-fungible: Bayangkan ada 2 mobil yang sama. Meskipun mereka merupakan 2 mobil yang sama namun mereka tidak dapat ditukar dengan nilai yang sama karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti berapa umur mobil hingga apakah mobil masih dalam kondisi baik atau tidak. 
 
Terdapat beberapa tipe NFT yang berada di definisi utamanya namun 2 kategori terbesar adalah digital art dan digital collectibles. NFT menggunakan teknologi blockchain yang digunakan juga oleh cryptocurrency dan menjadikan aset digital dapat dilacak dan diverifikasi, pada beberapa kasus, aset tersebut menjadi langka. 
 
Ini merupakan hal yang belum ada sebelumnya dan itulah yang memungkinkan adanya digital art dan digital collectibles. NFT yang sebenarnya adalah token digital yang merujuk pada foto atau video. 
 
Ada beberapa use case lainnya tapi use case ini merupakan hal yang paling umum dilakukan. Mengapa fenomena NFT ramai sekarang? "Itu berasal dari orang-orang yang senang mendukung karya kreator independen dengan membeli karya mereka," kata CEO Artsy Mike Steib. "Yang lain tertarik dengan gagasan mengambil aset digital yang dapat disalin oleh siapa pun dan mengklaim kepemilikannya. 
 
Rekor harga utama baru-baru ini untuk NFT tampaknya sebagian besar didorong oleh jutawan dan miliarder kripto baru yang ingin mendiversifikasi kepemilikan bitcoin mereka dan banyak lagi minat terhadap ekosistem kripto," ujarnya. 
 
Secara lebih spesifik, token yang tidak dapat dipertukarkan atau NFT adalah bagian dari konten digital yang ditautkan ke blockchain, basis data digital yang mendukung cryptocurrency seperti bitcoin dan ethereum. 
 
Tidak seperti NFT, aset tersebut sepadan, artinya dapat diganti atau ditukar dengan aset lain yang identik dengan nilai yang sama, seperti uang dolar. NFT tidak dapat saling dipertukarkan. Sehingga tidak ada dua NFT yang sama. 
 
Cara jual beli NFT Gambar digital apa pun pada dasarnya dapat dibeli sebagai NFT. Tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membelinya, terutama bagi seorang pemula. Mereka harus memutuskan pasar mana yang akan dibeli, jenis dompet digital apa yang diperlukan untuk menyimpannya, dan jenis cryptocurrency apa yang diperlukan untuk menyelesaikan penjualan. 
 
Beberapa pasar NFT yang paling umum seperti OpenSea, Mintable, Nifty Gateway, dan Rarible. Ada juga pasar khusus untuk jenis NFT yang lebih spesifik, seperti NBA Top Shot untuk video bola basket atau Valuables untuk melelang tweet milik CEO Twitter Jack Dorsey. 
 
karawangportal
Karya NFT/Karawangportal.com
 
NFT juga dijual di pasar dan prosesnya dapat bervariasi dari platform ke platform. Penjual cukup mengunggah kontennya ke pasar lalu ikuti petunjuk untuk mengubahnya menjadi NFT. 
 
Penjual akan diminta memasukkan hal-hal spesifik seperti deskripsi pekerjaan dan harga yang ditawarkan. Sebagian besar NFT dibeli menggunakan ethereum, tetapi juga dapat dibeli dengan token ERC-20 lainnya seperti WAX dan Flow. 
 
Lebih dari itu, siapapun dapat membuat NFT. Yang dibutuhkan hanyalah dompet digital, ethereum, dan koneksi ke pasar NFT tempat mengunggah dan mengubah konten menjadi NFT atau seni kripto. 
 

Cara Membuat dan Menjual Karya Seni NFT 

Ada beberapa jenis NFT yang memiliki proses penyiapannya sendiri. Jika Anda ingin menyiapkan seni digital NFT, berikut ini cara melakukannya melalui salah satu tempat pemasaran online populer, OpenSea. 
 
1. Siapkan dompet digital 
Langkah pertama adalah membuat dompet digital untuk menyimpan NFT dan uang kripto (crypto). OpenSea merekomendasikan MetaMask dan ekstensi dompetnya untuk Google Chrome dan Firefox. 
 
2. Akses OpenSea 
Selanjutnya, buka OpenSea dan arahkan kursor ke ikon profil di kanan atas untuk memilih My Profile (Profil Saya). 
 
3. Penyiapan akun OpenSea 
Kemudian, klik Sign in dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penyiapan akun Anda. 
 
4. Akses halaman akun OpenSea 
Setelah selesai mempersiapkan akun OpenSea, Anda akan melihat halaman akun Anda, lalu arahkan kursor ke Create di kanan atas dan pilih My Collections. Setelah itu hubungkan dompet digital dengan OpenSea. 
 
5. Setup halaman My Collections 
Lakukan setup halaman My Collections sebagai tempat menjual item-item. Di bawah Create new collection, pilih Create dan masukkan detail untuk koleksi Anda. 
 
6. Tambahkan karya baru 
Setelah menyelesaikan koleksi Anda, klik Add New Item dan Anda akan diminta untuk mengupload metadata yang meliputi gambar, video, file audio dan kemudian beri nama NFT Anda. 
 
7. Klik Create 
Terakhir, klik Create dan seni digital NFT Anda sudah siap. 
 
Anda sekarang dapat mendaftarkan koleksi karya seni Anda dalam bentuk gambar atau video untuk dijual di OpenSea, tetapi perlu diingat, penjual pertama kali harus membayar gas fee yaitu biaya transaksi blockchain Ethereum sebelum mencantumkan apa pun. 
 
OpenSea adalah salah satu pasar NFT paling terkenal saat ini, tetapi yang besar lainnya termasuk Rarible dan SuperRare, dan menghadirkan kesempatan bagi seniman untuk menemukan audiens baru, dan mendapatkan uang dari pasar mata uang kripto.
[Nadia Oktana]
×
Berita Terbaru Update