Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Mengakses Google Luar Negeri atau Google Negara Lain Ini Tips dan Triknya

Friday, July 16, 2021 | 10:43 WIB Last Updated 2021-07-27T07:17:43Z

Cara Mengakses Google Luar Negeri atau Google Negara Lain Ini Tips dan Triknya
Cara Mengakses Google Luar Negeri atau Google Negara Lain Ini Tips dan Triknya

KARAWANGPORTAL - Google sudah menjadi salah satu mesin pencari terbesar dengan banyak pengguna di seluruh dunia kecuali di china karena mereka memiliki mesin pencarian sendiri.

Bahkan Google memberikan kenyamanan dengan berbagai pitur-piturnya yang sangat bermanfaat bagi para usernya di seluruh dunia diantaranya : 

1. Android :

Siapa yang tak kenal dengan OS Android yang menjadi andalan produk google ini. Android berada dipuncak popularitas sebagai OS samartphone paling banyak dipakai hingga saat ini.

Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian dibeli pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007. Android menguasai pangsa pasar telepon pintar global, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013.

Android memberikan pengaruh besar dalam segala bidang mulai dari pendidikan, ekonomi dan bisnis masyarakat, termasuk memberikan peluang usaha bagi startup dunia melalui aplikasi yang bisa di download lewat Android.

2. Youtube

Youtube yang merupakan video web terbesar di dunia ini, bisa dibilang telah berhasil mempengaruhi kehidupan umat manusia, termasuk membuat anak muda lebih kreatif dengan VLOG (Video Blog), musik, maupun dalam bidang ekonomi hingga edukasi.

3.Gmail (Google E-mail)

Saat ini Gmail menjadi salah satu pilihan dalam mengirim dan menerima surat elektronik selain hotmail, yahoo mail maupun aol mail. Bahkan Gmail menjadi syarat utama untuk pengguna android dan pecinta youtube. Hanya dengan akun gmail lah kita bisa memiliki akun Youtube serta mendownload aplikasi-aplikasi android.

Pada tahun 2004, Google mengungkapkan bahwa perusahaan tidak puas dengan hanya mendominasi pencarian internet. Google ingin mengatasi layanan online terbesar di Internet melalui e-mail. Untuk itu, Google mengumumkan untuk menguji Web-host layanan e-mail yang disebut Gmail.

Gmail mulai keluar sebagai internal layanan Google e-mail. Pada awalnya, satu-satunya cara untuk mendapatkan akun Gmail adalah untuk menerima undangan dari orang lain. Hampir tiga tahun setelah mengumumkan Gmail, Google membuka akses ke masyarakat luas. Sekarang siapa pun dapat membuat akun Gmail.

Gmail mengatur pesan ke dalam “percakapan.” Jika seseorang mengirim pesan dan kita merespon, Gmail akan menyajikan dua pesan bersama-sama dalam tumpukan. E-mail asli akan berada di atas dan jawaban Anda akan muncul di bawahnya. Pesan terbaru akan muncul di bawah aslinya, sehingga pesan tidak mengambil ruang terlalu banyak pada layar. Dengan mengelompokkan pesan dan tanggapan bersama-sama, Gmail memudahkan pengguna untuk melacak beberapa diskusi sekaligus.

 4. Google Corm

Sebuah web browser yang dengan keunggulannya sebagai browser tercepat ini diperkenalkan tahun 2008. Chrome bersaing ketat dengan pendahulunya seperti Mozilla Firefox dan Internet Explorer maupun Opera.

Chrome kini menjadi salah satu pilihan browser utama bagi pengguna internet diseluruh dunia, pasalnya selain kecepatannya, juga memiliki banyak fitur yang bisa diterapkan pada browser ini. Selain itu, chrome kini jadi alternatif utama dalam mobile browser terutama bagi pengguna android.

5.Google Maps

Google Map diperkenalkan pada tahun 2005, dan pada tahun 2008 google memberikan fitur yang menarik yakni orang dapat mencari suatu daerah atau tempat bahkan gang menuju suatu rumah  hanya dengan google map, terlebih google map mampu menunjukkan jalan mana saja yang dapat dilalui menuju tempat yang diinginkan.

Tak hanya itu, google map mampu menujukkan lokasi dimana kita berada sehingga orang dengan mudah mengetahui tempat kita. Aplikasi google map telah merajai aplikasi dalam melihat dunia secara mudah. Kita bisa melihat bagian-bagian dari dunia di berbagai negara dengan cukup menakjubkan.

6. Google Drive

Google Docs mencakup pengolah kata seperti word, editor spreadsheet dan aplikasi presentasi. Singkatnya, ia memiliki aplikasi perangkat lunak dasar yang banyak perusahaan butuhkan. Google memberikan solusinya dalam menyimpan dan membuat file perushaan atau pribadi dalam Google Doc. Namun saat ini Google Doc telah berubah nama menjadi Google Drive yang sebagian besar aplikasinya sama dengan Google Doc namun menambahkan beberapa fitur lainnya.

Fitur dari Google Drive adalah kemampuan untuk berbagi dokumen dan kemampuan mengedit dengan pengguna Google lainnya. Beberapa orang dapat mengedit dokumen yang sama pada waktu yang sama. Dengan Google Drive, setiap orang dapat membuat perubahan nya langsung ke file yang disimpan di server Google.

Google Drive menjadi solusi penyimpanan data secara besar-besaran di server google, sehingga hard disk tidak lagi diperlukan. Namun demikian keamanan data harus tetap diperhatikan bagi penggunanya.

 7.Bloger (Blogspot)

Produk google satu ini menjadi nomor wahid dalam dunia blogging. Bahkan akhir-akhir ini pengguna blog telah menjamur dan jadi aplikasi yang mampu mendongkrak popularitas sebuah perusahaan dengan menggunakan tenanga blogger dalam mempromosikan perusahaan atau produk melalui lomba blog seperti blog karawangportal.com yang memakai blogspot.

Blogger saat ini bersaing dengan wrodpress. masing-masing memiliki keunggulan, namun dengan kemudahan dan beragam aplikasi yang diberikan dalam blogger menjadikan blogger sebagai tempat ngblog paling populer. Bahkan seorang blogger pengguna blogspot menjadi juara blogger terbaik versi majalah TIME.

 8. Goggle Adsense

Google adsense merupakan fitur yang sangat menarik karena ia memberikan solusi bagi pengguna internet untuk meraih dollar melalui iklan yang disediakan google yang bisa dipasang didalam website maupun blog. Telah banyak orang yang sudah memanfaatkannya sebagai usaha utama atau sampingan selain mengelola website seperti karawangportal.com .

9. Google AdWord

Google adwords adalah tempat kita bisa menempelkan iklan produk yang dimiliki utnuk disebarluaskan ke seluruh pengguna internet di dunia. Lebih terkenal dan tentu memberikan keuntungan lebih saat orang-orang melihat produk kita kemudian membelinya. Setiap orang boleh beriklan di google melakui google adwords dengan membayar beberapa dollar sesuai dengan keinginan kita.

10. Google Translate

Hampir kebanyakan pelajar dan pengguna internet umumnya saat memerlukan penerjemah bahasa, cara tercepat adalah menggunakan google translate. Saat menerjemahkan tugas kuliah, ataupun bacaan berbahasa inggris hingga jepang google translate adalah ahlinya. Lebih dari 100 bahasa dunia, produk google translate ini terasa sangat bermanfaat. Meskipun memang masih perlu kita perbaiki lagi agar hasil lebih rapi dan maksimal.

11. Google Trends

Google Trends, sangat penting bagi SEO para webmaster, pemilik website dan blogger. Kehadirannya memberikan informasi penting seuptar artikel dan berita paling populer di setiap negara yang menjadi patokan bagi sebagain banyak blogger, jurnalis.

Masih kurang dengan produk google di atas? Lihat produk lainnya yang belum terbahas pada gambar di bawah ini, adakah yang belum kita pergunakan?

Selain penejelasan ke-16 produk google paling bermanfaat di atas, masih banyak sekali jenis produk lainnya yang akan membuat hari-hari kita makin nempel dengan google, seperti Waze untuk navigasi perjalanan Anda, serta produk google paling anyar aplikasi Google Duo dan Google Allo untuk tetap terhubung dengan keluarga atau sahabat kita. Itu baru yang gratis, belum yang berbayar.

Nah demikuan bebrapa Pitur pitur yang disediakan Oleh perusahaan Google yang diantaranya adalah bisa dipakai dengan gratis. 

Namun Bagi kalian yang belum tau, domain utama Google yaitu Google.com untuk negara USA dan Internasional. Jadi sebelum perangkat kita mendeteksi wilayah kita sekarang seperti saat ini, jika kita mengakses Google maka akan menggunakan Google.com.

Tetapi sekarang di Android jika kita melakukan pencarian di kolom pencarian maka defaultnya akan menggunakan Google.co.id yaitu Google Indonesia. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara Google.com, Google.co.id dan Google untuk negara lainnya.

Yang menjadi perbedaan mungkin konten yang menggunakan bahasa dari negara tersebut lebih di prioritaskan. Selain itu filter pencarian juga diatur berdasarkan negara. Oleh karena itu banyak konten yang tidak bisa kalian temukan di Google.com dan Google.co.id.

Sedangkan di negara lain konten tersebut masih bisa ditemui di hasil pencarian. Lalu bagaimana cara mengakses Google di negara lain? seperti cara masuk ke Google Singapura atau Google Amerika? Caranya sangat mudah sekali.
Sudah banyak alamat Google yang ada di dunia, oleh karena itu kali ini saya akan mencontohkan beberapa cara untuk mengakses Google Singapura dan Google Amerika atau United Kingdom diantaranya sebagai berikut.

Cara Mengakses Google Luar Negeri

1. Kalian bisa langsung mencarinya di pencarian Google negara mana saja dengan keyword "Google + Negara". Sebagai contoh "Google Jepang" atau "Google Malaysia"

2. Yang kedua kalian bisa menambahkan domain sesuai domain negara tersebut. Sebagai contoh Indonesia yaitu co.id. Nah untuk mengakses Google Singapura kalian bisa menggunakan com.sg menjadi Google.com.sg

3. Yang terakhir kalian bisa merubah setelan bahasa & wilayah untuk pencarian Google. Caranya silakan kalian buka Setelan>Setelan Wilayah>Pilih Negara>Simpan

Nah itu dia cara untuk mengakses atau browsing di Google luar negeri atau Google dari Negara lain. Untuk hasil pencariannya jika menggunakan kata kunci bahasa Indonesia tetap saja artikel yang akan muncul dominan berasal dari situs berbahasa Indonesia.

Jika kalian sudah mengatur wilayah ke suatu negara, kalian bisa melakukan pencarian menggunakan bahasa dari negara tersebut. Kami sangat senang bisa berbagi informasi ini kepada kalian semua. Terimakasih sudah menyimak artikel ini sampai dengan tuntas, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ya, sampai bertemu lagi di pembahasan berikutnya.

 

 

 

×
Berita Terbaru Update