Notification

×

Iklan

Iklan

14 Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang di Ketahui - Karawangportal.com

Friday, August 6, 2021 | 16:13 WIB Last Updated 2021-08-06T09:13:18Z
14 Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang di Ketahui - Karawangportal.com
Photo Daun sirih/Google

 

KARAWANGPORTAL - Manfaat daun sirih telah diuji ke dalam berbagai penelitian dan berpotensi menjaga kesehatan tubuh. Khasiat daun sirih baik untuk mulut hingga kelamin. 

Manfaat daun sirih sebagai obat herbal sudah digunakan oleh orang-orang tua zaman dahulu. Daun sirih (Piperaceae) memang sudah lama digunakan sebagai pembungkus kunyahan pada kegiatan nyirih, yang di dalam daun tersebut berisi pinang, kapur sirih, tembakau, serta bahan aromatik lainnya.

Saat digunakan dalam nyirih, daun dari tanaman yang tumbuh merambat ini dapat menyegarkan napas dan bersifat mendinginkan mulut. 

Bahkan, ini bisa menyebabkan Anda ketagihan. Kandungan daun sirih Dalam 100 gram daun sirih, inilah kandungan yang bisa Anda temukan: Yodium: 3,4 mcg Kalium: 1,1-4,6% Vitamin A: 1,9-2,9 mg Vitamin B1: 13-70 mcg Vitamin B2: 1,9-30 mcg Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg. Selain itu, ada pula kandungan minyak esensial dan senyawa kimia lainnya, seperti: Chavicol Betelphenol Eugenol Terpene Campene.

Manfaat daun sirih Daun sirih bukan hanya dikonsumsi dengan cara dikunyah, namun juga bisa direbus dan diambil khasiatnya. Manfaat rebusan daun sirih juga tidak kalah banyak.Daun sirih mengandung sejumlah bahan aktif yang konsentrasinya bergantung pada jenis tanaman, musim, dan cuaca saat itu. 

Namun yang jelas, daun sirih paling dikenal karena aromanya yang datang dari kandungan afenol (chavicol), yang juga dapat berfungsi sebagai zat antiseptik.Secara lengkap, berikut kandungan dan manfaat daun sirih maupun air rebusan daun sirih: 

1. Mengatasi diare Mengatasi diare adalah manfaat daun sirih yang pertama. Banyak mikroba yang bisa dilawan oleh kandungan sterol pada daun sirih. Mikroba tersebut adalah E. coli yang sering mengakibatkan diare. Bakteri lain yang dapat dibasmi dengan meminum air rebusan daun sirih, yakni Streptococcus pyrogen, Staphylococcus aureus, Proteus vulgaris, dan Pseudomonas aeruginosa. 

2. Menyehatkan jantung Bentuk daun yang seperti hati seakan-akan mencerminkan manfaat daun sirih itu sendiri sebagai tanaman yang dapat menyehatkan jantung.Sebuah penelitian menyebut daun sirih memang dapat menguatkan organ vital tersebut sekaligus mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan ketidakteraturan irama jantung. 

3. Mengobati luka lambung Daun sirih yang disiram air panas terbukti memiliki lendir yang berguna untuk melapisi lambung. Hal ini menghadirkan manfaat rebusan daun sirih sebagai pelindung dinding lambung sehingga tidak mudah terluka ketika Anda mengalami kenaikan asam lambung maupun hal lainnya. 

4. Mencegah karies gigi Anggapan yang mengatakan mengunyah daun sirih dapat melindungi gigi rupanya terbukti secara ilmiah. 

Mengunyah daunnya berkaitan dengan fungsinya sebagai penghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbunan plak yang akhirnya menjadi karies gigi, seperti Streptococci, Lactobacilli, Staphylococci, Corynebacteria, Porphyromonas gingivalis, dan Treponema denticola. 

5. Menyehatkan alat reproduksi Manfaat daun sirih bagi wanita adalah menjaga kesehatan alat reproduksi wanita. Ekstrak daun sirih yang didapat lewat air rebusan juga dapat diminum untuk menaikkan level kesuburan pada wanita. 

Manfaat rebusan daun sirih ini adalah menurunkan level estrogen yang mungkin memengaruhi tingkat kesuburan pada rahim Anda. Selain diminum, manfaat daun sirih untuk kewanitaan juga bisa digunakan untuk mengurangi keputihan. 

Caranya, gunakan air rebusan daun sirih untuk bilasan pada kelamin Anda.Namun perlu diingat, Anda tidak memerlukan sabun kewanitaan sebab vagina sudah mampu membersihkan bagiannya sendiri. Pada dasarnya, Anda hanya memerlukan 

6. Mampu mengatasi diabetes Manfaat daun sirih selanjutnya menurunkan kadar gula di dalam darah pada pasien diabetes tipe 2. Di dalam sebuah studi, para peneliti menggunakan bubuk daun sirih untuk diberikan pada partisipan. Hasilnya, gula darah turun tanpa efek samping.Tidak hanya berupa bubuk, minum air rebusan daun sirih pun akan memberikan potensi yang serupa. 

7. Menurunkan kolesterol Beberapa studi telah membuktikan bahwa salah satu manfaat daun sirih dapat menurunkan total kolesterol, kolesterol jahat (LDL), serta trigliserida. Selain itu, daun sirih juga dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini disebabkan oleh kandungan eugenol yang dimiliki oleh daun sirih. Eugenol adalah antioksidan alami yang dapat menetralisir radikal bebas. Jadi, kolesterol penyebab beragam jenis penyakit jantung pun bisa turun. 

8. Membantu proses penyembuhan luka bakar Ternyata, manfaat daun sirih juga dianggap bisa membantu proses penyembuhan luka bakar. Sebab, antioksidan yang dimiliki oleh daun sirih dapat menurunkan kadar stres oksidatif yang sering kali memperlambat proses penyembuhan luka bakar. 

9. Mengurangi peradangan Khasiat daun sirih terbukti menangani peradangan pada tubuh. Sebab, daun sirih mengandung chavicol yang bekerja untuk mengatasi radang. Beberapa penyakit peradangan yang mengandalkan chavicol adalah arthritis dan oritis. 

10. Menghambat pendarahan Rupanya, daun sirih memiliki sifat styptic atau mampu mengurangi pendarahan. Dikutip riset dari Bali Medical Journal, daun sirih mengandung tannin yang mampu menyempitkan pembuluh darah dan menyempitkan jaringan tubuh.

Riset ini diuji pada gusi berdarah setelah cabut gigi.Tannin juga mampu membentuk "sumbatan trombosit" sehingga pendarahan pun berkurang. 

11. Mengobati batuk Siapa sangka, khasiat daun sirih ternyata mampu mengobati batuk? Sirih, terutama sirih merah, kaya akan vitamin B, vitamin C, dan senyawa alkaloid yang baik untuk meredakan radang tenggorokan yang memicu batuk. 

12. Menurunkan risiko asam urat Riset terbitan Journal of Physics: Conference Series menyatakan bahwa ekstrak daun sirih mampu menurunkan kadar asam urat. Namun, riset ini masih dilakukan pada tikus. Jadi, potensi khasiat daun sirih untuk asam urat pun masih perlu diteliti lebih lanjut. 

13. Atasi radang prostat Fungsi daun sirih merah terbukti berpotensi untuk mengobati masalah radang prostat. Kandungan yang bekerja untuk mengobati kondisi ini di antaranya adalah antioksidan berupa tanin dan saponin dan hydroxychavicol. 

14. Mengatasi bau mulut Rupanya, menghilangkan bau mulut dengan daun sirih bukanlah hal yang mustahil. Hal ini pun dibuktikan pada riset terbitan Journal of Ethnopharmacology.

Riset ini menemukan bahwa kandungan allylpyrocatechol pada sirih mampu memberikan manfaat daun sirih berupa mengurangi senyawa metilmerkaptan dan hidrogen sulfida. Kedua senyawa ini membuat bau mulut. Senyawa ini berasal dari aktivitas bakteri. 

Efek samping daun sirih 

Meski banyak khasiat daun sirih untuk kesehatan tubuh, rupanya ada efek samping yang bisa dirasakan. 

Apa sajakah itu? Bila Anda menggunakannya untuk menyirih, yaitu dicampur dengan pinang, kapur, dan tembakau, maka Anda berisiko mengalami kanker mulut. Hal ini pun dipaparkan dalam buku berjudul Manson's Tropical Infectious Diseases.

Selain itu, mulut juga terasa kaku bahkan rahang pun akan kehilangan gerakannya.

Lantas, bagaimana daun sirih untuk mata? Ternyata, daun rebusan sirih yang kerap digunakan untuk mata mampu membuat kornea mata terinfeksi jamur. Hal ini pun dipaparkan pada riset studi kasus terbitan Sriwijaya Journal of Ophthalmology

Untuk itu, sebaiknya jangan menggunakan daun sirih untuk mata dan segera konsultasi ke dokter bila memiliki keluhan pada mata. 

Catatan dari Karawangportal 

Manfaat daun sirih juga sudah banyak diolah sebagai obat maupun bahan tambahan dalam berbagai produk kecantikan sehingga dengan mudah dapat Anda merasakan manfaatnya.

Namun sebelum menggunakan daun sirih seperti di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya efek samping dari daun sirih yang tidak kita ketahui. 

Sumber : Wikipedia,SehatQ.com

×
Berita Terbaru Update